Polda Papua Selamatkan Miliaran Dana Otsus

Kombes Pol Ricko Taruna ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua berhasil menyelamatkan kerugian negara sebanyak Rp 13,1 M yang bersumber dari anggaran Otonomi Khusus (Otsus) sepanjang tahun 2020.

Dengan raihan prestasi tersebut membuat Polda Papua menempati peringkat ketujuh dari seluruh Polda yang ada di Indonesia.

Dirkrimsus Polda Papua Kombes Pol Ricko Taruna mengatakan, dalam kegiatan penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi dalam rangka penyitaan aset resing terhadap kerugian  negara sebesar Rp 13,1 M. “Atas pencapaian itu dari Mabes Polri kita rangking 7 dalam asset resing sejumlah Rp 13,1 M,” terangnya.

Lanjutnya, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja di tahun 2021 semoga bisa megawal dana otsus yang menjadi atensi pimpinan.  “Mohon bantuan dari masyarakat dalam rangka melakukan  kegiatan terhadap pengawalan dana otsus,” kata Ricko.

Dalam pengawalan dana otsus, pihaknya bersinergi dengan pemerintah daerah untuk penggunaan dana otsus bisa tepat sasaran. “Kita selalu berkoodinasi dengan  Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat Daerah, APH, Kejaksaan, BPK dan BPKP  dalam rangka pengawalan dana Otsus,” ucapnya.

Ia berharap semakin hari semakin baik untuk masalah pengelolaan dana otsus. Dimana target tahun 2021 sesuai dengan refocusing sebanyak 8 kasus. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *