BI:  DP 0 Persen Disesuaikan Kebijakan Perbankan

Naek Tigor

JAYAPURA – Bank Indonesia Provinsi Papua sikapi kebijakan pemerintahan terkait DP 0 persen pembelian KPR dan kendaraan, disesuaikan dengan kebijakan kantor pusat masing-masing perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonedia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan, dampak terkait kebijakan pemerintah ini, secara nasional memang cukup bagus,  guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Khusus perekonomian Papua, lebih didorong oleh sektor pertambangan, sektor pertanian dan sektor perikanan. Sementara sektor industri tidak terlalu mendominasi pertumbuhan ekonomi, namun untuk kebijakan ini pastinya akan membantu masyarakat memperoleh rumah maupun kendaraan bermotor,”ungkapnya kepada CenderawasihbPos, Selasa (23/2) kemarin.

Lanjutnya, terkait kebijakan pemerintah tersebut, pastinya perbankan akan mengikuti kebijakan dari kantor pusat masing-masing. Jika masing-masing perbankan mengikuti kebijakan tersebut,  akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh KPR dan kendaraan.

Diakuinya, secara nasional hal ini sangat baik. ”Jika pembeli rumahsemakin banyak, akan berpengaruh pada penyediaan bahan baku perumahan dan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara mendorong sektor konsumsi,”jelasnya.

  Kondisi saat ini, masyarakat masih menyimpan uang di perbankan dan untuk mendorong daya beli masyarakat, pemerintah memberikan kebijakan-kebijakan tertentu, khususnya penurunan pajak pembelian kendaraan bermotor maupun penjualan perumahan. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *