2020, Realisasi Klaim BPJAMSOSTEK Tembus Rp 175 M

Arja Leksana ( FOTO: BPJamsostek for Cepos)

JAYAPURA – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura mencatat total klaim untuk tahun 2020 mencapai Rp 175 miliar dengan 15.046 laporan kasus.

Kepala Kantor Cabang Papua Jayapura I Ketut Arja Leksana mengatakan, jumlah realisasi klaim meningkat 238% dibandingkan tahun 2019.

“Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) mendominasi hingga 93% dari total klaim, dengan nominal klaim Rp 163.6 miliar dan jumlah laporan kasus 14.346.

Sementara itu, realisasi klaim pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) mencapai Rp 4.3 miliar , dengan jumlah kasus 329 ,” ungkapnya dalam rilis kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/2) kemarin.

Lanjutnya, untuk klaim Jaminan Kematian (JKM) mengalami peningkatan sebesar  Rp 6.7 miliar dengan jumlah kasus 182. Terdapat penurunan klaim pada program Jaminan Pensiun (JP) dengan jumlah Rp 1.1 miliar dan jumlah kasus 189.

“Kami mengimbau kepada perusahaan untuk tertib administasi iuran, karena dengan tertib administrasi klaim JKK akan cepat diproses. Untuk peserta yang sudah berhenti bekerja dan memenuhi persyaratan klaim bisa mengajukan klaim JHT via Lapak Asik Online di link lapakasik,” terangnya.

Ditambahkan, bpjsketenagakerjaan.go.id. Lapak Asik Online adalah Layanan Tanpa Kontak Fisik secara daring,  tanpa pergi ke kantor guna mencegah penyebaran Covid-19. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *