Lelang Emas hingga Rolls Royce untuk Bantu Korban Bencana

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau mobil Rolls-Royce yang akan di lelang di salah satu Gudang Kemensos, Jakarta, Selasa (23/2/2021).Hasil lelang mobil Rolls-Royce dan barang barang lainya nantinya akan digunakan untuk membantu korban bencana dan bantuan sosial.FOTO:MIFTAHULHAYAT/JAWA POS.

JAKARTA, Jawa Pos – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini membuat gebrakan baru dalam upaya membantu para korban bencana. Tak hanya memanfaatkan dana APBN, Risma berencana melelang sejumlah barang berharga milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Setidaknya, ada sekitar 2 Kilogram (Kg), sembilan mobil mewah, puluhan motor, belasan jam tangan branded, tas branded, smartphone, home theater, video game, handycam, dan barang lainnya yang akan dilelang olehnya. Rencananya, proses lelang akan dimulai pada awal Maret 2021 nanti.

Risma mengungkapkan, barang-barang tersebut sudah ada sejak lama. logam mulia misalnya. Sudah ada di gudang penyimpanan Kemensos sejak 2008. Kemudian, mobil Rolls Royce sejak 2016 dan Mercedes Benz sejak 2018. ”Beda-beda. Tapi sudah sejak lama,” ujarnya kemarin (23/2) di Jakarta.

Menurutnya, barang-barang tersebut merupakan hasil undian dari sejumlah perusahaan. Dia mengetahui hal ini dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Risma yang penasaran kemudian mencari tahu lebih lanjut mengenai mobil mewah hasil undian ini.

”Ternyata betul. Nah, karena tidak mungkin kita biarkan, dari pada rusak atau harganya jatuh padahal banyak warga membutuhkan bantuan jadi kita mau lelang,” jelasnya.

Ide ini pun ternyata sejalan dengan Undang-undang 22 tahun 1954 tentang undian. Menurut dia, undian digunakan untuk kepentingan sosial. Jika merujuk pada Peraturan Menteri Sosial Nomor 13 tahun 2005 tentang Izin Undian, di mana penyelenggara undian memang diwajibkan untuk menyerahkan HTT atau hadiah yang tidak memiliki pemenang atau tidak diambil pemenang ke Kementerian Sosial.

Risma mengungkapkan, ide ini juga telah ia sampaikan pada Presiden Joko Widodo. Presiden menyambut baik namun meminta ada laporan detail terlebih dahulu. ”Ya saya cek lapangan dulu, jangan sampai barang gak ada. Karena itu saya cek dulu, barang harus benar ada,” papar mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Pihaknya sendiri sudah memiliki gambaran proses lelang dengan meminta bantuan balai lelang negara. Namun, Risma akan meminta pertimbangan presiden terlebih dahulu mengenai proses dan waktu lelang.

”Saya ndak tahu proses lelang saat ini seperti apa. Yang jelas, kita upayakan lelang transparan dan akuntabel,” tegas Politisi PDIP tersebut.

Soal prediksi hasil lelang, Risma tak bisa memastikan. Namun, diperkirakan bisa mencapai di atas Rp 17 Milyar. Ya bagaimana tidak, harga mobil Rolls Royce saja diperkirakan mencapai Rp 8 Milyar. Belum lagi, harga logam mulia yang kini sudah mencapai angka nyaris 1 juta per gramnya.

Selain hasil lelang ini, Risma mengaku, sudah banyak CSR dari sejumlah pihak yang disalurkan padanya untuk membantu korban bencana. Karenanya, nantinya seluruhnya akan langsung diserahkan pada para korban. (mia/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *