Kinerja PLN Tahun 2020 Tumbuh Positif

Samuel Kareth ( FOTO: Yohana/Cepos)

Jumlah Pelanggan Meningkat, Tunggakan Turun

JAYAPURA – PLN UP3 Jayapura mengakui bahwa pandemi Covid-19 cukup mempengaruhi kinerja PLN di tahun 2020. Meski demikain PLN tetap melakukan terobosan-terobosan baru bagi pelanggan, guna menyikapi kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Manager PLN UP3 Jayapura, Salmon Kareth mengatakan, salah satu upaya yang PLN sediakan bagi pelanggan adalah bertransaksi dari rumah dengan menggunakan PLN Mobile.

Sebuah aplikasi yang disediakan khusus bagi pelanggan yang ingin mengecek rekening listrik, bayar listrik, pengaduan, pemasangan baru, beli pulsa token dan sebagainya.

“Kami sangat bersyukur meski di tahun 2020 dampak Covid-19 cukup mempengaruhi kinerja kami, tercatat di tahun 2020 kami tetap mengalami pertumbuhan pelanggan meski tidak signifikan, yaitu total pelanggan kami di tahun 2020 sebanyak 179.000 pelanggan  ada kenaikan 0,6 persen dari 2019,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (24/2) kemarin.

Diakuinya, pelayanan PLN di tahun 2020 semua berjalan dengan baik, meski sulit beraktivitas di tengah pendemi Covid-19,  karena banyak aktivitas masyarakat dilakukan dari rumah. Menyikapi hal tersebut PLN baru-baru ini telah meluncurkan aplikasi PLN Mobile.

“Dengan adanya PLN Mobile ini juga membuat kesadaran masyarakat membayar listri jauh lebih baik, bahkan tercatat di tahun 2020 tunggakan sebesar Rp 1,6 miliar turun 8-10 persen jika dibandingkan tahun 2019,” pungkasnya.

Sementara terkait penggunaan aplikasi PLN Mobile, diakuinya tahun 2021 pihaknya diberi target sebanyak 18.000 pelanggan sudah menggunakan aplikasi tersebut, yang mana progresnya sampai dengan saat ini sudah mencapai 1.000 pelanggan.

Pihaknya optimis, ke depannya aplikasi PLN Mobile tersebut bisa diakses oleh semua pelanggan, khususnya pelanggan rumah tangga, karena aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan pelanggan rumah tangga namun tidak menutup kemungkinan juga digunakan oleh pelanggan umum. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *