Cegah Oknum Pemakai, Polri Tes Urine Personel

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA, Jawa Pos-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan tes urine ke seluruh anggota Polri. Saat ini secara bertahap, tes urine telah dilakukan di sejumlah Polda. Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) juga telah melakukan tes urine ke semua personel. Hasilnya, belum ditemukan adanya penyalaguna narkotika.

Tes urine ini sebagai dampak dari penangkapan mantan Kapolsek Astanaanyar, Kompol Yuni Purwanti dan sebelas anggotanya yang diketahui positif narkotika. Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Ahmad Ramadan menjelaskan bahwa setelah diperintahkan Kapolri, sejumlah polda telah menjalankan perintah tersebut. ”Sebagian besar polda telah tes urine,” terangnya.

Polri telah menerima laporan-laporan hasil tes urine sejumlah polda. Polda dari Aceh hingga Papua Barat telah melakukan semuanya. ”Ini surat perintah yang ditandatangani kadivpropam agar tes urine semua,” jelasnya

Sementara Dirtipid Narkoba Bareskrim Brigjen  Balomoan Siregar menuturkan, untuk Dittipid Narkoba telah melakukan tes urine terhadap 87 anggota Dittipid Narkoba. Tes urine dilakukan pada Senin lalu. ”Awalnya, dilakukan pengarahan dari Wadir,” paparnya.

Namun, selanjutnya dilakukan tes urine secara mendadak atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tes urine itu dilakukan semua anggota, dari Wadir, Kasubdit, Kanit, anggota dan bahkan PNS. ”Hasilnya semua negatif, tidak ada indikasi penyalahgunaan narkotika,” jelasnya.

Menurutnya, memang 87 anggota yang dites itu lum semuanya. Sebab, ada anggota yang masih bertugas di lapangan. ”Begitu selesai, akan langsung dites urine juga,” terang jenderal berbintang satu tersebut. (idr/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *