Kerja Bakti Bersama, Siapkan Kampung Tangguh Mandiri

Bhabinkamtibmas Polsek Demta ajak warga kerja bakti di Sepanjang Jalan Kampung Kamdera,  Distrik Demta Kabupaten Jayapura.

JAYAPURA- Bhabinkamtibmas Polsek Demta ajak warga kerja bakti di sepanjang Jalan Kampung Kamdera, Distrik Demta,  Kabupaten Jayapura. Kerja bakti ini dalam rangka menyiapkan program Kampung Tangguh.

Bhabinkamtibmas Polsek Demta Brigpol Dimas Siswoyo bersama kepala Kampung Kamdera Silas Taurui dan warga, melaksanakan kerja bakti, dalam upaya menyiapkan Kampung Tangguh Mandiri di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan mulai dari membersihkan sampah dan pemotongan rumput di sepanjang jalan menuju kampung dan pemasangan pipanisasi saluran air bersih untuk disalurkan ke tiap – tiap rumah warga.

Kapolsek Demta Ipda Warsito mengatakan, kerja bakti ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan Kampung Tangguh Mandiri, guna mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Kampung Kamdera atau Tarfia rencananya akan dijadikan sebagai salah satu pilot project Kampung Tangguh di Distrik Demta.

  “Hari ini kita lakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dan kita lakukan pemasangan pipanisasi saluran air bersih. Sedangkan untuk mendukung ketahanan pangan, kami bersama warga akan memanfaatkan potensi alam yang ada di kampung,” terangnya.

Diantaranya seperti pembuatan Karamba untuk Budidaya Ikan Mubara yang ada disepanjang pesisir Pantai Kampung, memaksimalkan potensi Hutan Sagu dengan membuat rumah pengolahan tepung sagu secara modern, bercocok tanam untuk mendukung ketersediaan pangan. ”Kita ajak warga supaya bisa tangguh menghadapi pandemi Covid-19,”ujarnya.

Warga juga berharap agar pemerintah Kabupaten memperhatikan dan memberikan bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Pembuatan Kampung Tangguh ini sudah direncanakan dari tahun kemarin. Kemudian ditindak lanjuti lagi pada Musyawarah Rencana Pembangunan Kampung pertengahan bulan Januari lalu.

“Komitmen bersama Kepala Kampung Kamdera, Silas Taurui, serta seluruh warga, yang didukung oleh unsur pimpinan Distrik Demta, bahwa Kampung Kamdera harus bisa menjadi Kampung Tangguh dan bisa menjadi contoh atau pilot project kampung kampung lain yang ada di Distrik Demta, untuk mampu secara mandiri,” pungkasnya. (fia/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *