Bupati Prihatin, Angka Kematian Akibat Covid-19 Meningkat

Mathius Awoitauw (Foto :Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi sangat prihatin mengingat angka kematian akibat terpapar Covid-19 di Kabupaten Jayapura terus mengalami peningkatan.
Menurut Bupati Mathius, tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan aturan Protokol Kesehatan (Prokes) guna mencegah dan membatasi penyebaran Covid-19 ini masih sangat rendah.
“Sejauh ini kita hanya sebatas peringatan dan imbauan kepada masyarakat supaya mereka bisa menerapkan Prokes. Faktanya, angka kematian akibat Covid- 19 ini terus meningkat,” ujar Bupati Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Sabtu, (20/2).
Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu menyebutkan, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang terpapar Covid-19. Hal ini disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan, terutama terkait 3M.
Menurutnya, jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 saat ini juga masih meningkat, meskipun ada juga pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.
“Kalau angka kematian, tidak meningkat, mungkin bisa anggap remeh. Tapi ini fakta jumlah kematiannya naik terus,” imbuhnya.
Dia mengatakan, pemerintah saat ini terus mengupayakan agar penyebaran Covid-19 ini bisa diatasi. Ada berbagai kegiatan yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk membatasi penyebaran Covid-19 ini. Namun yang terpenting sebenarnya bagaimana masyarakat di Kabupaten Jayapura ini bisa mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, terutama dalam membatasi penyebaran Covid-19 ini.
” Khususnya tiga wilayah distrik yang sampai saat ini masih zona merah penyebaran Covid-19 yaitu Distrik Sentani Kota , Waibu dan Sentani Timur,”tambahnya. Sekadar diketahui, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jayapura yang meninggal dunia sebanyak 44 orang. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *