3 Legiun Tersubur Persipura

Alberto Goncalves da Costa (Instagram)

JAYAPURA – Tim Persipura Jayapura dikenal sebagai tim yang kerap melahirkan talenta sepakbola Papua, namun dari sekian nama, Boaz Solossa merupakan pemain yang paling menonjol. Boaz telah meraih segalanya bersama Persipura, mulai dari gelar juara liga hingga gelar individu.

Boaz Solossa ( FOTO: Erik / Cepos)

Selain dikenal sebagai tim yang aktif menghadirkan talenta lokal, Persipura juga pernah memiliki deretan pemain asing yang tampil sukses bersama tim pasukan Merah Hitam julukan Persipura Jayapura.

Namun dari sekian pemain asing yang pernah berlabuh bersama Persipura sejak tahun 2003, ada tiga nama yang menurut Cenderawasih Pos yang paling produktif selama berseragam Merah Hitam miliki Persipura.

Alberto Goncalves da Costa merupakan pemain asing yang terbilang sukses bersama Persipura, Beto sapaan akrabnya didatangkan Persipura sejak tahun 2007 – 2010, setelah itu Beto hijrah ke Persijap setengah musim 2010-2011. Lalu, ia bermain lagi untuk Persipura di musim 2011-2012. Meski baru bergabung bersama Persipura di musim 2007, Beto langsung beradaptasi tanpa kesulitan.

Selama bermain untuk Persipura, Beto sukses melesakan 85 gol dari 128 dari semua penampilannya baik dari ajang resmi maupun non resmi hingga musim 2012 silam. Bahkan pemain kelahiran Brasil itu pernah mencetak 25 gol dalam semusim saat menjalani musim keduanya bersama tim kebanggaan masyarakat Papua itu (2011/2012) sekaligus dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak.

Berkat ketajamannya, Beto sukses membantu Persipura menghadirkan gelar juara liga indonesia (ISL) di musim 2008/2009 dan dua kali menempati posisi kedua pada musim 2009/2010 dan 2011/2012.

Selain Beto, pemain asing yang pernah memiliki Persipura dengan naluri gol yang sangat tinggi ada di dalam diri Zah Rahan Krangar. Meski memiliki posisi sebagai pelayan striker Persipura, tapi gelandang asal Liberia itu terbilang produktif dalam soal urusan gol.

Selama memperkuat Persipura sejak tahun 2010 – 2013, Zah Rahan telah mencetak 32 gol dalam 120 penampilan dalam pertandingan resmi maupun non resmi. Zah Rahan mencatatkan prestasi cukup sukses dengan mempersembahkan dua gelar juara liga Indonesia tahun 2011 dan 2013.

Pemain asing yang juga terbilang sukses bersama Persipura ialah Ernest Jeremiah Chukwuma, striker asal Nigeria itu menjadi salah satu striker asing tersubur yang dimiliki oleh Persipura. Striker jangkung itu berhasil mencetak 20 gol selama memperkuat Persipura dari musim 2007 higgga musim 2009, Jeremiah juga terbilang sukses mengahadirkan gelar juara liga Indonesia musim 2008/2009.

Zah Rahan Krangar (Instagram)

Mantan pemain Persipura Jayapura, Stevie Bonsapia yang pernah meremput dengan ketiga pemain asing di atas mengaku bila ketiga mantan rekan timnya itu memang memiliki kualitas sebagai pemain asing.

“Mereka adalah 3 (tiga) pemain yang mempunyai displin sangat bagus, serta kualitas dan mental yang bagus untuk mau memenangkan setiap pertandingan. Mereka selalu rampil profesional dalam setiap pertandingan yang kami lakoni,” ungkap Stevie kepada Cenderawasih Pos di Kota Jayapura, Kamis (18/2).

Sementara itu, legenda hidup Persipura, Nando Fairyo menuturkan, bahwa ketiga pemain asing tersebut memiliki peran penting dalam skuat Mutiara Hitam kala itu. Bahkan menurutnya, ketiganya juga menjadi daya tarik para penonton untuk hadir memenuhi Stadion Mandala Jayapura setiap Persipura bermain.

“Mereka adalah pemain asing yang membuat penonton sangat antusias untuk datang ke Mandala mendukung penuh dan total, mereka adalah bagian dari sejarah Persipura,” pungkasnya. (eri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *