Waspada Sejumlah Titik Rawan Banjir – Longsor

Wakil wali kota Rustan Saru

JAYAPURA- Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., memetakan beberapa titik rawan terjadinya longsor di Kota Jayapura, di antaranya Skyline, Jalan Alternatif Jayapura – Kotaraja – Waena, APO Kali dan Bukit Barisan (di belakang BRI dan dekat Hotel Jasmine), Perumnas III, Tanah Hitam, dan Hamadi Perikanan.
“Kita sudah beri tanda-tanda di lokasi. Namun, di sisi lain, kita juga minta masyarakat, ketika musim hujan seperti ini, tingkatkan kewaspadaannya. Sebab, kapan saja bisa terjadi bencana. Mungkin sekarang ini tidak, tapi kalau tanah ini terus diberi beban, tanah menjadi labil, maka tidak menutup kemungkinan, kapanpun dan di manapun, bisa terjadi longsor,” terang Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM., kepada Cenderawasih Pos, Jumat (19/2) kemarin.
Tidak hanya titik rawan longsor, Wawalkot Rustan juga memetakan sejumlah wilayah yang berpotensi maupun sudah menjadi langganan banjir kala hujan dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan mengguyur Kota Jayapura.
“Untuk banjir yang kita waspadai itu di Entrop PTC dan CV Tomas, kemudian di Abe Pantai – Youtefa, serta di Perunmas IV dan Perumnas III yang menjadi langganan banjir kita,” jelasnya.
Kata Wawalkot Rustan, Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan sejumlah penanganan untuk mengantisipasi banjir yang terjadi. Seperti halnya di CV Tomas, di mana Pemkot Jayapura telah membuat kanal ring.
“Namun, kalau intensitas hujan tinggi, memang daya tampungnya itu terbatas. Pasalnya, resapan air itu sudah banyak menjadi pemukiman warga. Alhasil, lahan resapan kita habis. Makanya, waktu hujan, air itu cepat sekali tertampung, sehingga kemudian meluap,” tambahnya.
“Mau dibilang banjir juga salah, sebab itu air meluap, dan ketika hujan berhenti, beberapa saat kemudian, airnya surut kembali. Begitu juga di Entrop, karena pemukiman sudah banyak, resapan air ditimbun semua pengembang dan masyarakat yang tidak menyadari itu, sehingga terjadi (banjir),” pungkasnya. (gr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *