Akibat Covid, Layanan Perpustakaan Sementara Ditutup

Ahmmad DJalali ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Dikarenakan Covid-19, untuk sementara Perpustakaan Daerah di Jayapura sementara di tutup sampai dengan, Senin (22/2) mendatang.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Ahmmad DJalali menjelaskan, meski minat baca di Perpustakaan Daerah saat ini cukup banyak, hanya saja pihaknya masih membatasi aktivitas pengujung guna menjalankan protocol kesehatan, ditengah pandemic Covid-19.

“Untuk saat, aktivitas di perpustakaan sementara kami tiadakan, karena ada beberapa pekerja di perpustakaan terpapar Covid 19, sehingga untuk pelayanan di perpustakaan sementara kami tutup,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (19/2) kemarin.

Diakuinya, sementara ini pihaknya lakukan berdasarkan dengan arahan dari Kadis Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah. Sementara untuk pembatasan aktivitas pengujung sendiri sudah pihaknya lakukan sejak tahun 2020 lalu.

“Selain layanan di perpustakaan daerah yang kami tutup sementara, aktivitas perpustakaan mobile juga untuk sementara kami hentikan, guna menghindari banyaknya kerumunan masyarakat,” terangnya.

Lanjutnya, untuk kesiapan armada dan sebagainya selalu siap sedia, hanya saja dengan situasi Covid-19 ini terpaksa harus dihentikan, mengingat layanan perpustakaan keliling ini juga akan menambah kerumunan bagi anak-anak sekolah.

“Pembatasan pengunjung di perpustakan sendiri kami hanya layani bagi masyarakat umum bagi orang dewasa, sementara untuk anak sekolah mulai dari TK, SD samapi SMP sementara kami tutup, bahkan kapasitas pengujung juga hanya dibagi 50 persen yaitu dari rata-rata kunjungan 20-30 pengunjung setiap hari, kami batasi menjadi 50 persen saja,” pungkasnya. (ana/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *