PPKM Mikro Diterapkan Sesuai Kondisi Daerah

Welliam R Manderi ( FOTO: Yohana/Cepos)

Di Papua Jumlah Terkonfirmasi Meningkat, Tingkat Kesembuhan Turun

JAYAPURA – Guna menanggulangi menurunnya tingkat kesembuhan Covid-19 di Papua, Satgas Covid-19 Provinsi Papua berencana terapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yang mana aturan ini diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Papua Welliam R Manderi menjelaskan,  PPKM Mikro  merupakan sebuah peraturan yang diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 terkait pandemi Covid-19.

“Hal ini diterbitkan mengingat PPKM Mikro yang sebelumnya tidak dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu PPKM Mikro ini akan ditindak lanjuti di tujuh provinsi prioritas. Kita di Provinsi Papua menindaklanjuti instruksi menteri dalam negeri dengan konsep kita,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (17/2).

Diakuinya, konsep penerapan di Papua yaitu PDPKM (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat), yang mana penerapan ini akan dilakukan dari tingkat desa, kelurahan, RT dan RW.

“Untuk pelaksanaan PDKM ini membutuhkan peran semua pihak untuk dapat berkolaborasi, mengingat angka terkonfirmasi Covid-19 di Papua meningkat sementara angka kesembuhan menurun,” terangnya.

Lanjutnya, hal ini menjadi persoalan bersama, sejak 7 Januari 2021, tingkat kesembuhan Covid-19 di Papua sangat bagus, sampai mencapai 91  persen, namun saat ini angka kesembuhan mengalami penurunan sampai 85 persen.

“Ini menandakan bahwa peningkatan kesembuhan menurun sementara angka terkonfirmasi meningkat. Kondisi ini menjadi cacatan bagi kita untuk menterjemakan instruksi Presiden terkait PPKM Mikro yang nantinya diterapkan di Papua menjadi PDPKM,” terangnya.

Pihaknya berharap nantinya pemerintah Kab/Kota menerapkan hal tersebut,  sesuai dengan edaran yang akan segera pihaknya keluarkan, yang mana penerapan yang akan dilakukan di kab/kota harus disesuaikan dengan kondisi wilayah mereka masing-masing.

Sementara itu, terkait dengan PPKM Mikro, Wakil Wali Kota Jayapura yang juga merupakan Wakil 3 Satgas Covid-19 Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru menjelaskan, khusus untuk Kota Jayapura pihaknya sudah adakan pertemuan dengan semua kepala kelurahan dan kampung.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *