Serentak Ajak Donor Darah Penuhi Stok Darah di PMI

Pelaksanaan donor darah kerjasama antara UTD PMI Kota Jayapura dan  Pansel  Penerimaan Caba PK TNI AL Lantamal X Papua TA 2021 Gelar Donor Darah diikuti 410 orang di Lantamal X Jayapura, Senin (15/2) kemarin. ( foto: UTD PMI Kota Jayapura For  Cepos)

Ketua Harian PMI Papua: Puji Tuhan Dapat Meringankan Pasien yang Membutuhkan Darah

JAYAPURA-Di masa pandemi Covid-19 stok darah di PMI Kota Jayapura sangat menipis. Untuk menyikapinya maka UTD PMI Kota Jayapura melakukan kerjasama panitia seleksi penerimaan Caba PK TNI AL Tahun 2021 Lantamal X Papua Jayapura, dengan menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan selama dua hari di Lantamal X Jayapura.

Kepala PMI Kota Jayapura Melalui Sekretaris PMI Kota Jayapura Dr. Septevanus T. Rerung, MM., mengatakan, aksi donor darah UTD PMI Kota Jayapura bagi Casis di Lantamal X Papua Jayapura diikuti 410 orang yang dilaksanakan selama dua hari Senin dan Selasa (16/2) besok, dengan dibagi 2 sesi hari Senin diikuti 205 orang, hari Selasa 205 orang.

   Dr. Septevanus T. Rerung, MM.,menjelaskan, tujuan dari aksi donor darah ini untuk memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan darah, apalagi di masa pandemi wabah Covid-19 masyarakat dalam mendonorkan darahnya sangat berkurang, oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan penerimaan  panitia seleksi penerimaan Caba PK TNI AL Lantamal X  Tahun 2021 dengan dilaksanakan donor darah sangat membantu sekali dan diucapkan terimakasih kepada Lantamal X Papua Jayapura yang ikut peduli dalam memenuhi kebutuhan darah di UTD PMI Kota Jayapura.

“Kami harapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan oleh instansi lainnya supaya stok kebutuhan darah di UTD PMI Kota Jayapura bisa terpenuhi,’’tegasnya.

Sementara itu Ketua Harian PMI Papua, Zackheus Degei, menyebutkan bahwa agenda aksi donor darah ini dalam rangka Valentine’s Day.

“Donor Darah Sejuta Kasih bertemakan share your blood, share your love (berbagi darah, berbagi kasih) merupakan bagian dari agenda kami dalam rangka hari kasih sayang atau Valentine’s Day. Kebetulan tanggal 14 Februari itu hari Minggu, sehingga kita laksanakan kegiatan di hari ini (kemarin),” terang Zackheus Degei kepada Cenderawasih Pos, Senin (15/2) kemarin.

Kata Degei, kegiatan serupa tidak hanya digelar di Kota Jayapura saja, melainkan di PMI tingkat kabupaten seluruh Papua, seperti halnya di Merauke dan Mimika. “Puji Tuhan, laporan dari kabupaten-kabupaten hari ini jalan semua. Dengan kegiatan ini, bisa menambah stok darah di rumah sakit karena akhir-akhir ini kita mendapatkan banyak masukan perihal kekurangan darah, terutama golongan darah A, B dan AB. Dengan ini mudah-mudahan meringankan pasien yang membutuhkan darah,” pungkasnya. (dil/gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *