Selama Pandemi,  Kinerja Pegadaian Meningkat

Aktivitas pelayanan di Pegadaian Cabang Waena, Selasa (16/2) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

Trend Gadai Paling Diminati

JAYAPURA – Di tengah pandemi Covid-19, kinerja PT. Pegadaian (Persero) Area  Jayapura mengalami pertumbuhan  30,07 persen jika dibandingkan dengan  tahun 2019, yakni sebanyak 28, 57 persen.

Deputi Bisnis Pegadaian Area Jayapura, Abdul Lafazi mengatakan, di tahun 2019 pertumbuhan kinerja Pegadaian Area Jayapura  datangnya dari produk non gadai,  seperti pembiayaan usaha, kredit kendaraan, pembiayaan usaha yang tumbuh sampai 89 persen.

Sementara untuk sektor gadai, seperti gadai perhiasan, gadai kendaraan, gadai barang elektronik, hanya menopang pertumbuhan kinerja sebesar 19 ,21 persen.

“Akan tetapi di tengah pendemi Covid-19 pada tahun 2020, sektor gadai meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 40,87 persen. Sementara kredit non gadai di tahun 2020 mengalami penurunan -11 persen,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (16/2).

Diakuinya, menurunnya sektor non gadai sangat dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19, yang berdampak pada nasabah-nasabah yang berada di dunia usaha, sehingga mempengaruhi angsuran yang terhambat, karena pertumbuhan juga mengalami penurunan.

“Yang menyebabkan terjadi kenaikan trend gadai pada tahun 2020, adalah kondisi Covid-19, nasabah yang tadinya menyimpan emas mereka atau perhiasan mereka, namun dikarenakan membutuhkan biaya kebutuhan usaha, mau tidak mau menggadaikan asetnya,” tambahnya.

Lanjutnya, di masa pandemi tahun 2020, tidak hanya mengalami pertumbuhan aset, tetapi juga mengalami pertumbuhan nasabah yaitu dari target 146.000 nasabah naik menjadi 166.000 dari target.

“Penambahan nasabah ini paling didominasi oleh nasabah tabungan emas kami, tabungan emas Pegadaian merupakan produk yang paling unggul saat ini, nasabah tabungan emas kami sudah berjumlah 85.871 nasabah,” pungkasnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *