Curah Hujan Tinggi, Warga Harus Waspada

Lokasi perumahan warga yang berada di bantaran sungai Baliem yang rawan banjir dan longsor ( FOTO: Denny/Cepos)

BPBD Diminta Mendata Daerah Rawan Bencana

WAMENA-Curah hujan yang deras yang mengguyur Kota Wamena dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir, membuat pemerintah harus mengantisipasi bencana banjir dan longsor. Terutama bagi  masyarakat yang tinggal di daerah lembah maupun bantaran sungai Baliem yang sewaktu -waktu bisa meluap ke pemukiman warga.

  Bupati Jayawijaya John Richard Banua mengaku sudah memerintahkan dinas teknis dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jayawijaya untuk melakukan inventarisir daerah yang rawan banjir dan longsor, serta melakukan pengecekan ke lokasi.

  “Kami sudah punya BPBD, sehingga kami akan meminta kepada mereka agar inventarisir masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan lereng gunung, sebab masyarakat kita banyak bermukim di sana,” ungkapnya Selasa (16/2) kemarin.

  Bupati Jhon juga minta apabila ada laporan dari masyarakat, maka harus cepat ditindaklanjuti melakukan pengecekan kesana. Jangan sampai laporan warga tidak ditanggapi dan warga menjadi korban dari bencana alam akibat hujan yang beberapa hari terakhir sangat tinggi.

  “Kami mengantisipasi bencana banjir dan longsor yang terjadi kapan saja bisa terjadi , karena saat ini curah hujan cukup tinggi sehingga memang harus diwaspadai,”jelasnya.

  Bupati juga menyatakan, tak hanya pemerintah saja yang harus menyadari dan mengantisipasi, masyarakat yang bermukim didaerah yang rawan banjir dan longsor juga harus bisa melihat potensi -potensi terjadinya bencana alam, supaya bisa menghindar dari bahaya tersebut.

   “Kalau kita tak melihat potensi -potensi timbulnya bencana alam, akibatnya masyarakat sendiri yang menjadi korban nanti, sehingga yang diharapkan bencana alam jangan sampai membawa korban jiwa dari masyarakat,”katanya.

  Selain itu, warga juga diminta selalu memperhatikan lingkungannya, sebab akibat lingkungan yang tidak diperhatikan dan seringnya warga membuang sampah di dalam drainase akan menimbulkan banjir pada saat hujan turun, sebab drainase tertutup oleh sampah.

  “Kalau air sudah meluap dari drainase, warga juga yang akan terganggu, masalah lingkungan juga jangan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan masyarakat tidak memperhatikan lingkungan sendiri,”tegasnya.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *