Pendaftaran SNMPTN Hanya 9 Hari

Dr. Onesimus Sahuleka, SH., M.Hum. ( FOTO: Dokumen)

JAYAPURA – Panitia penerimaan mahasiswa baru SNMPTN Universitas Cenderawasih kembali mengingatkan kepada calon mahasiswa untuk bisa memantau setiap informasi yang berkembang terkait pendaftaran.

Ketua Panitia LTMPT- Uncen, Dr. Onesimus Sahuleka, SH., M.Hum., mengatakan bahwa pelaksanaan pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada Senin (15/2) hingga 24 Februari atau hanya 9 hari.

“Jadi pendaftaran SNMPTN secara nasional sudah dibuka mulai hari ini (Senin, kemarin) dan prosesnya dilakukan melalui portal LTMPT sesuai instruksi ketua tim pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Mohammad Nasih lewat surat edarannya nomor: 05/SE.LTMPT/2021, pada tanggal 14 Februari 2021,”  jelas Onesimus dalam rilis yang dikirimkan Humas Uncen, kemarin (15/2).

Surat edaran tersebut mengenai pembukaan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Melalui surat edaran tersebut, Prof. Mohammad Nasih mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru ini khususnya pada  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021, kini memasuki tahapan pendaftaran.

Dimana jadwal pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari pukul 15.00 WIB sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB dan dilakukan melalui melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS,” beber Onesimus.

Lalu untuk tahapan pendaftaran sendiri dimulai dari siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

Setelah itu dilakukan pengisian kelengkapan data pada halaman profil kemudian melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisi pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan. Selanjutnya siswa mengisikan portofolio pada halaman Portofolio bila prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. “Namun jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisi,” tambahnya.

Hal lainnya adalah siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib dan bisa diisi prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masingmasing pilihan di kolomnya. Dan terakhir siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. “Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun dan tinggal mengunduh serta mencetak kartu registrasi,” imbunya.

Pemilihan prodi disarankan tidak lintas minat kemudian tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran. Lalu pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman- snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian.Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN  dapat dilihat di laman PTN penerima dan jika mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat  menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.,” tutup Onesimus. (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *