MK Tolak Gugatan Pilkada Mamberamo Raya

Calon Bupati terpilih Nomor urut 4 Jhon Tabo-Everd Mudumy. ( FOTO: Willy for Cepos)

Elias Basutey: Semua Pihak di Mamberamo Raya Diminta Lapang Dada

BURMESO-Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Mamberamo Raya periode 2021 – 2026 ( Jhon Tabo – Everd Mudumy ) Elias Basutey, S.Pd meminta kepada semua pihak untuk menghormati hasil putusan Mahkamah Konstitusi ( MK ).

   Dimana dari hasil sidang putusan perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) 2020 yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman tersebut telah diputuskan pada Senin (15/2) kemarin. Mahkamah Konstitusi menolak permohonan Pemohon pasangan calon nomor 1 ( Dorinus Dasinapa – Andi May ) dan Pasangan Calon Calon nomor urut 2 ( Roby Rumansara – Djanje Puny ).

   Dimana dalam amar putusan tersebut menyatakan permohonan Pemohon telah melewati tenggang waktu pengajuan permohonan dan Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum sehingga permohonan kedua pemohon tersebut tidak dapat diterima.

Elias Basutey ( FOTO: Willy for Cepos)

   “Puji Tuhan, selaku ketua tim pemenangan dari (Jhon Tabo – Everd Mudumy ) Calon Bupati terpilih Mamberamo Raya, kami bersyukur atas hasil keputusan MK hari ini ( kemarin  red-) yang menolak gugatan Paslon 1, 2 dan 3, maka dengan demikian Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih JTEM akan ditetapkan sebagai Calon terpilih. Pada kesempatan ini saya imbau agar kita semua baik paslon 1,2, dan 3 termasuk massa pendukung dan simpatisan hendaknya kita harus menerima hasil sidang putusan MK ini dengan lapang dada,’’ ungkap Elias Basutey dalam release yang diterima Cenderawasih Pos, Senin (15/2) kemarin.

    Menurut pria yang juga Ketua DPRD Mamberamo Raya ini bahwa siapa pun dia bupati terpilih yang akan dilantik adalah Bupati Mamberamo Raya milik masyrakat dari air menetes hingga ombak pecah, dan dari Nadofuai hingga Apawer, bukan bupati milik keluarga dan suku tertentu. Karena itu, Elias berharap semua pihak harus bergandengan tangan untuk menerima hasil pilkada yang ada.

   “Jhon Tabo dan Everd Mudumi adalah Bupati terpilih Mamberamo Raya dan milik semua masyrakat, bukan milik kami tim sukses, dan keluarga sehingga kita semua bersatu bergandengan tangan mendukung beliau berdua demi kemajuan pembangunan di negri 1000 misteri julukan Mamberamo Raya,” jelas Elias Basutey

   Pada kesempatan tersebut, Elias Basutey menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara KPU Provinsi Papua selaku KPU Mamberamo Raya, Bawaslu  dan semua pihak yang telah bekerja dengan baik sejak awal tahapan pemilukada hingga berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK).

   Saya berharap semoga KPU segera menggelar pleno penetapan calon terpilih agar kami DPRD bisa dapat mengusulkan pelantikan Bupati terpilih nanti sesuai mekanisme yang berlaku,’’ pungkasnya.

   Sementara itu Kapolres Mamberamo Raya AKBP. Hotman Hutabarat yang dikonfirmasi via selulernya pasca keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan Pemohon pasangan calon nomor 1 ( Dorinus Dasinapa – Andi May ) dan Pasangan Calon Calon nomor urut 2 ( Roby Rumansara – Djanje Puny ), kondisi kantibmas tetap berjalan aman dan lancar.

   “Sejauh ini kondisi Kantibmas di Mamberamo Raya pasca keputusan MK atas sengketa pemilukada 2020 masih aman, dan saya mengimbau dan mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi. Kita tetap bersatu dan menjaga kedamaian daerah ini sampai pelantikan bupati terpilih nanti,’’ tandas Kapolres Hutabarat.(*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *