Target Medali Emas, Handball Inginkan Try Out

Atlet Bola Tangan (Handball) Papua saat melakukan latihan di salah satu lapangan futsal di Kota Jayapura pekan lalu.(foto:Andy For Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Cabang Olahraga Handball atau Bola Tangan Papua yang kini disiapkan pada pelaksanaan PON XX 2021 merupakan salah satu Cabor yang masih terbilang baru. Bahkan Bola Tangan Papua belum memiliki banyak pengalaman di pentas Nasional.

Tapi Cabor Bola Tangan Papua tetap menjadi satu dari sekian Cabor yang dijagokan oleh KONI Papua untuk mendulang medali emas pada hajatan PON XX 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Sayangnya, Cabor yang masih seusia jagung itu belum memiliki pengalaman yang mumpuni. Apalagi selama menjalani pemusatan latihan sejak tahun 2019 hingga kini tak kunjung melakukan try out.

Padahal, pelatih kepala Handball Papua, Andy Purwanto mengatakan, bahwa try out sangat penting bagi atletnya saat ini selama menjalani TC..

Sebab kata Andy, try out atau kompetisi akan menjadi cerminan kesiapan Handball Papua menyambut pesta olahraga terbesar tanah air itu. Apalagi menurut Andy, atlet Handball Papua butuh banyak try out untuk mengasah mental setiap atletnya agar bisa tampil maksimal pada PON XX 2021.

“Target memang emas, tapi try out belum pernah. Tidak sulit bicara emas kalo kita sungguh-sungguh punya target dan program try out harus dilalui,” ungkap Andy kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di KONI Papua, Jumat (12/2).

“Try out ini sangat penting untuk bisa lihat permainan anak-anak, sejauh mana kelebihan dan kekurangan tim dan akan terus menjadi bahan evaluasi,” ujar Andy.
Sebab itu, Andy berharap, KONI Papua maupun Puslatprov Papua bisa mengizinkan mereka untuk melakukan try out ke luar Papua yang akan difokuskan di Pulau Jawa.
Apalagi menurut Andy, program periodesasi Cabor Handball saat ini juga harusnya mamasuki tahap pra kompetisi. Sehingga rangkain ujicoba harus segera dilakukan oleh para atlet Handball Papua.

“Semoga Puslatprov dan KONI Papua bisa membantu mengizinkan tim Handball Papua (Bola Tangan) untuk try out ke pulau Jawa, agar target itu bisa tercapai,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Cabor Handball Papua saat ini masih melalukan pemusatan latihan di Kota Jayapura dengan diperkuat 14 atlet putra dan putri. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *