Tak Doyan TC di Luar Papua, Selalu Sumbangkan Emas

Atlet Dayung Papua disela-sela latihan rutin. Pada PON 2021 Papua mendatang Dayung Papua targetkan sumbang mendali emas. (FOTO:Erik / Cepos)

Dayung Papua

JAYAPURA – Hampir seluruh cabang olahraga memiliki program periodesasi dengan pemusatan latihan (TC) di luar Papua. Dengan berbagai alasan seperti minimnya lawan seimbang di Papua, minimnya fasilitas latihan bahkan tak ada calon lawan.

Namun kondisi itu justru sangat berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh cabang olahraga Dayung Papua yang lebih betah melakukan pemusatan latihan di daerah sendiri dari pada harus keluar daerah.

Salah satu pelatih Dayung Papua, Rosmina Sanggrang Bano mengatakan, bahwa Cabor Dayung Papua dalam beberapa tahun terakhir tak pernah meminta melakukan TC di luar Papua.

“Kita tidak pernah minta keluar, kecuali ada pertandingan. Biar saja kami di negeri sendiri, dan itu sudah kami lakukan sejak kami masih jadi atlet,” ungkap Rosmina kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di arena latihan atlet Dayung Papua yang berada di Batas Kota Jayapura – Kabupaten Jayapura, Selasa (9/2).

Kata Rosmina, TC di luar Papua dengan TC di tanah sendiri tak jauh berbeda. Apalagi menurutnya, Cabor Dayung Papua sudah lama telah ditanamkan jiwa-jiwa juara, sehingga di manapun mereka melakukan TC tetap memberikan prestasi gemilang.

“Terpenting itu kita harus mau buat yang terbaik untuk kita punya negeri. Kami tidak begitu terlalu minta sesuatu ke KONI, yang penting memberikan yang terbaik bagi tanah Papua,” ujarnya.

Sebab itu, Rosmina berharap KONI Papua terus eksis memberikan kesejahteraan kepada mereka, agar estafet medali emas setiap kali tampil pada PON akan terus berlanjut.

“Dayung itu utamakan prestais, dan itu yang selalu kami tekankan, setiap PON, cabang olahraga Dayung selalu ada medali emas,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *