Kembali Perkuat Dayung Indonesia

Pedayung Papua, Stevani Ibo saat melakukan latihan di Jawa Barat, Rabu (10/2).(foto :Stevani For Cepos)

Stevani Ibo

JAYAPURA – Pedayung Papua, Stevani Maysche Ibo kembali diundang untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Dayung Indonesia di Jawa Barat, untuk persiapan kualifikasi Olimpiade dan Sea Games Vietnam 2021.
Stevani Ibo merupakan pedayung potensial yang dimiliki oleh Papua. Bahkan banyak yang mengadang-gadang Stevani Ibo akan menjadi the next ratu Dayung Papua, Erni Sokoy.
Meski usianya masih 25 tahun, Stevani sudah mulai malang melintang di podium juara. Ia mengawali kiprah terbaiknya saat meraih dua medali emas di nomor Kayak 2 Putri 500 meter dan Dragon Boat putri Pra PON Palembang 2015.
Prestasi tersebut kembali diraih oleh Stevani saat tampil pada PON Jawa Barat 2016 lalu. Dalam event olahraga nasional empat tahunan tersebut, Stevani kembali mengawinkan dua medali emas.
Kemudian di tahun 2017 pada event Kejurnas Palembang, wanita kelahiran Sentani itu kembali mengaharumkan nama Papua dengan satu medali emas di nomor kayak 1 putri dan satu medali perak di nomor kayak 2 putri.
Tak hanya di pentas nasional, nama Stevani juga mulai menjadi perhatian dunia saat membantu Dayung Indonesia meraih medali perak dalam Asian Games 2018 Indonesia.
Masih di pentas Asia, Stevani kembali membantu Dayung Indonesia meraih medali emas dalam Asian Canoe Sprint Championship Thailand 2019 pada nomor kayak putri 200 meter dan 500 meter.
Tak sampai disitu, Stevani kembali menyita perhatian saat kembali mendulang medali satu emas dan dua medali perak pada Sea Games Filipina 2019 lalu.
Pada Sea Games Vietnam 2021 mendatang, Stevani kembali menjadi tulang punggung Dayung Indonesia dalam mendulang medali emas.
“Puji Tuhan kembali dipercayakan untuk mewakili Indonesia, saat ini kami persiapan Sea Games Vietnam,” ungkap Stevani kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon, Rabu (10/2).

“Tapi sebelum Sea Games Vietnam, sekarang persiapan untuk kualifikasi Olimpiade yang awalnya direncanakan Maret tapi karna Covid-19 jadi di undur bulan April atau Mei,” ujar Stevani.

Stevani menegaskan, dirinya akan berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Tanah Air, termasuk Papua dalam pelaksanaan PON XX 2021.

“Untuk PON, saya akan lebih semengat lagi, karena dilaksanakan di rumah sendiri. Saya dengan teman atlet lainnya pasti akan berusaha memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *