Ganja Seberat 2,7 Kg Akhirnya Dimusnahkan

Jajaran Polres Jayapura ketika memusnahkan barang bukti ganja seberat 2,7 Kg di halaman Mapolres Jayapura, Rabu (10/2).(Foto: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Jajaran Polres Jayapura akhirnya memusnahkan barang bukti, ganja seberat 2,7 Kg yang diamankan dari 6 tersangka, Rabu, (10/2).
Kapolresta Jayapura, AKBP Viktor Dean Mackbon menjelaskan, pemusnahan itu dilakukan agar barang bukti tersebut tidak lagi disalahgunakan. Pemusnahan barang tersebut dihadiri atau disaksikan langsung oleh pihak Kejaksaan Negeri Jayapura di Mako Polres Jayapura.
“Hari ini kami bersama dengan Kejaksaan Negeri Jayapura melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis ganja seberat 2,7 Kg,”ungkapnya. Barang bukti itu diamankan dari 6 tersangka, di mana 4 di antaranya masih ada keterkaitan dalam satu kasus peredaran ganja di wilayah hukum Polres Jayapura. Pengungkapan kasus peredaran ganja di Kabupaten Jayapura itu merupakan hasil operasi yang dilakukan jajaran Polres Jayapura selama kurun waktu Januari 2021.
“Sesuai hasil koordinasi yang baik dengan pihak kejaksaan, pemusnahan ini dilakukan sesuai aturan, barang bukti ini tidak bisa dimusnahkan semuanya. Sampelnya tetap disimpan dalam rangka proses hukum selanjutnya di pengadilan,” kata Viktor Dean Mackbon usai kegiatan pemusnahan barang tersebut di Mako Polres Jayapura, kemarin.
Dia menegaskan, 6 tersangka yang terbukti memiliki ganja tersebut masing-masing dijerat dengan undang-undang Nomor 35 tahun 2019 pasal 111. Menariknya, ada satu laporan polisi yang melibatkan empat orang tersangka dari 6 orang tersebut.
“Kami juntokan dengan pasal 55 KUHP, atau adanya penyertaan dari modus yang dilakukan oleh kelompok tersebut,” pungkasnya. (roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *