Bulog Pastikan Stok Beras Aman untuk 5 Bulan ke Depan

Beras di Gudang Bulog Wamena usai didatangkan dari Jayapura dengan penerbangan (Denny/ Cepos)

JAYAPURA –Plt Kepala Kanwil Bulog Divre Papua dan Papua Barat, Muhammad Alexander mengatakan, selama tahun 2020, Bulog telah menyalurkan beras komersil hampir 92 persen, sedangkan beras PSO (Public Service Obligation) sudah menyalurkan 98 persen.

“Artinya penyaluran beras yang telah dilakukan telah mendekati target yang kami tetapkan dari awal yaitu 30.500 ton. Sementara ketersediaan stok yang kami lakukan sampai 5 bulan ke depan,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (10/2) kemarin.

Lanjutnya, stok beras tersebut berasal dari pengadaan beras dari Merauke dan juga  beras yang didatangkan dari luar Papua seperti Jawa Timur, Surabaya dan Sulawesi Selatan.

“Mengingat Papua dan Papua Barat adalah daerah yang devisit, sementara daerah produksi beras di Papua hanya ada di Merauke yang sudah kami datangkan melalui tol laut, maka beras dari luar Papua tetap kami datangkan ke Papua dan Papua Barat,” terangnya.

Untuk wilayah Papua, selain Merauke pihaknya juga menyerap beras di Nabire, namun tidak sebanyak dari Merauke. Untuk stok dari luar Papua masih tetap pihaknya lakukan, untuk memenuhi permintaan masyarakat di Papua dan Papua Barat. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *