Peringati HPN, Komunitas Wartawan Berbagi Masker dan Nasi Kotak

Komunitas Wartawan Merauke saat bagikan masker di Tugu Lingkaran Brawijaya dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 9 Februari  2021, kemarin. ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dalam rangka memperingati  Hari Pers Nasional  (HPN)  tahun 2020 yang jatuh 9 Februari, wartawan di Merauke yang tergabung  dalam Komunitas Wartawan didukung dengan mitra dari Humas Polres Merauke,  Penrem 174/ATW dan Humas Basarnas Merauke membagikan masker  dan  nasi kotak.

   Diawali pembagian masker di Tugu Libra  kepada para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker  kemudian dilanjutkan ke Pasar Wamanggu Merauke, untuk  berbagi masker dan nasi kotak untuk pedagang.

  Namun untuk nasi kotak dikhususkan bagi pedagang mama-mama Papua. Setelah pembagian masker dan  nasi kotak  tersebut, kemudian dilanjutkan dengan resepsi secara sederhana  yang dihadiri langsung Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum dan jajarannya,  Dandim 1707 Merauke Letkol  CZI. Muh. Rois Edy Susilo, S.IP.

   Yulius Sulo, wartawan Cenderawasih Pos  di Merauke yang dimintai keterangan para wartawan terkait dengan  kegiatan yang dilaksanakan  tersebut mengungkapkan bahwa  kegiatan  yang dilakukan ini sebenarnya secara spontan dari  teman-teman wartawan  yang ada di Merauke untuk ikut memeriahkan HPN  2021 ditengah pandemi Covid-19.

  Meski begitu, kegiatan tersebut berjalan dengan baik dengan dukungan dan kerja sama dari semua wartawan  dan mitra yang ada.  Menurutnya,  ada sebanyak 350 pcs masker kain yang dibagikan  kepada masyarakat, sementara untuk nasi kotak sebanyak 50 buah yang dikhususkan bagi pedagang mama-mama Papua.

   Menurutnya, pembagian masker ini dalam rangka mendukung pemerintah dalam  memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Merauke yang grafiknya terus meningkat. Wartawan, kata dia,  tidak hanya menyebarluaskan informasi melalui medianya masing -masing namun juga  memberikan pendidikan dan penyadaran kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

    Sementara  itu, Kepala RRI Merauke  Ir. Mochammad Bugi Hidayat,   menjelaskan bahwa media melalui wartawan memiliki peran yang sangat penting dalam menyebarluaskan informasi,  edukasi,  dan pencerahan kepada masyarakat. Indonesia, kata Budi merupakan negara dengan pemilik media terbesar di dunia yang tentunya merupakan satu potensi  besar yang bisa memberi nilai positif namun juga negatif.  Apalagi dengan zaman sekarang yang hampir semuanya dengan digitalisasi. “Sudah selayaknya kita sebagai insan  pers menjadi mitra terbaik pemerintah. Bukan menjadi corong pemerintah tapi mitra pemerintah dimana semua hak-hak publik diatas segalanya,” katanya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *