KPK-Polri Join Investigasi

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua KPK Firli Bahuri memberikan salam komando kepada para wartawan usai melakukan pertemuan, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Kedatangan Kapolri yang disambut Ketua KPK Firli Bahuri, untuk silaturahmi dan membahas sinergi Polri dan KPK . FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

JAKARTA, Jawa Pos – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri memastikan tidak akan ragu melakukan supervisi atau pengawasan antar aparat penegak hukum. Komitmen itu merupakan bagian dari bentuk kerjasama dan sinergi antara kedua lembaga yang dibahas oleh pimpinan KPK bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kemarin (9/2).

Listyo berharap tidak ada celah dalam supervisi antar aparat penegak hukum. Selain supervisi, KPK-Polri juga sepakat melakukan sinergi dalam bentuk join investigasi. Kerjasama itu difokuskan pada bidang penindakan perkara korupsi. ”Termasuk juga kegiatan terkait dengan masalah edukasi,” papar Listyo di gedung KPK.

Mantan Kabareskrim itu menambahkan, pihaknya bersama KPK juga akan bekerjasama dalam penguatan sumber daya manusia (SDM). Kerjasama itu sejatinya sudah dilakukan KPK-Polri sejak lama. Selama ini banyak perwira polisi yang bertugas di KPK dengan status PNS yang dipekerjakan (PNYD). ”Ke depan (penguatan SDM) akan semakin kita perkuat,” tuturnya.

Di luar itu, KPK-Polri juga sempat membahas kegiatan di bidang pencegahan korupsi. Khususnya terkait refocusing anggaran dalam rangka penanggulangan Covid-19. Listyo menyebut pencegahan korupsi tersebut dilaksanakan untuk memastikan refocusing anggaran berjalan dengan baik. ”Kita kurangi risiko-risiko kebocoran-kebocoran yang ada,” ungkapnya.

Ketua KPK Firli Bahuri menambahkan pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa kementerian/lembaga terkait dengan program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dia mengaku selalu berkomunikasi terkait dengan bagaimana melaksanakan program yang dilaksanakan pemerintah dalam menyelematkan masyarakat. (tyo/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *