Kinerja Satpol PP Perlu Dievaluasi

Ir. Drs. Benjamin Latumahina (foto:Sulo/Cepos)

MERAUKE-Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs. Benjamin Latumahina  menilai bahwa kinerja dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Merauke  perlu dievaluasi  untuk ditingkatkan kinerjanya. Sebab,  Politisi Partai Nasdem  tersebut menilai bahwa kinerja Satpol PP belakangan ini kurang memuaskan.

    Sebab, banyak hal yang menjadi tugas dari Satpol PP seperti adanya pemalangan dan tugas lain yang menjadi tupoksi dari Satpol PP, namun kurang aktif dan berperan. “Jadi perlu dievaluasi kembali dan ditingkatkan kinerjanya,” katanya.

  Soal  minimnya dukungan anggaran seperti yang dikeluhkan oleh Kepala Satpol PP  Kabupaten Merauke Elias Refra,  Benjamin Latumahina menjelaskan bahwa penurunan alokasi anggaran ke Satpol PP tersebut kemungkinan terjadi karena tim anggaran pemerintah daerah atau eksekutif  menilai kinerja dari Satpol PP menurun.

   “Kalau dari Satpol PP merasa kurang diperhatikan, maka dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah bisa menilai kinerja dari Satpol. Mungkin selama ini, kalau kita lihat juga ada penurunan kinerja dari Satpol PP dari sisi pengawasan dan pelaksanaan tanggungjawab sesuai tupoksinya. Mungkin itu yang menjadi penilaian dari Tim anggaran untuk penempatan alokasi anggaran untuk program masing-masing SKPD,” jelasnya.

   Dikatakan,  kemungkinan selama ini anggaran yang dialokasikan cukup besar, namun karena  kinerja dari Satpol secara keseluruhan menurun, sehingga   mungkin dari tim anggaran menilai kinerjanya menurun. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19, sehingga alokasi anggaran dari masing-masing SKPD dipangkas.

   Namun yang paling utama, kata Benjamin  Latumahina  bahwa tugas dan tanggungjawab   masing-masing itu harus dilaksanakan. “Saya pikir yang harus didahulukan adalah tugas  dan tanggungjawab,” tambahnya.

   Sebelumnya,  Kepala Satpol PP Kabupaten Merauke Elias Refra mengaku menghentikan semua kegiatan karena  kurang didukung anggaran. Karena itu, tak heran selama pelaksanaan PSBB beberapa waktu lalu yang mengawasan dan penindakan  oleh Satpol PP terutama soal pemakaian masker, namun tidak  pernah dilakukan razia  atau operasi masker tersebut. (ulo/tri)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *