Bupati Befa Tinjau Pembangunan Sarpras Ekonomi

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE. M.Si ketika meninjau pembangunan terminal dan pasar di Distrik Tiom, Rabu (10/2). (FOTO : Humas For Cepos)

TIOM-Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom SE. M.Si meninjau langsung pembangunan Sarpras (Sarana Prasarana) Ekonimi di Distrik Tiom Ibu Kota Kabupaten Lanny Jaya.

Adapun pembangunan yang ditinjau seperti pembangunan terminal baru Tiom, pemindahan pasar Tiom, finishing pembangunan hotel Nawi Abua Tiom, pembangunan sarana air bersih, pembangunan PLTD Tiom dan peningkatan status Bank Papua Tiom.

Bupati Lanny Jaya dua periode ini ingin memastikan pelayanan dasar seperti air bersih, listrik, pangan, kesehatan, pendidikan dan lainnya benar-benar dapat menyentuh masyarakat, disamping sarana prasarana pendukung perputaran perekonomian lainnya seperti pasar, terminal, perbankan dan perhotelan juga harus dapat berjalan baik.

Dalam meninjau sarpras tersebut Bupati Befa didampingi Pjs Kepala Dinas Perindag Lanny Jaya, Tan Wanimbo. S.Sos, Kadis Perumahan Irianto Halitopo, Kadis Sosial Osman Yikwa SH, Anggota DPRD Lanny Jaya, Ketua KNPI Lanny Jaya dan anggota Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Lanny Jaya.

Bupati Befa mengapresiasi kepatuhan para pedagang karena telah mau mengikuti arahan pemerintah untuk pindah dari pasar lama ke pasar yang baru di bangun.

Dalam kunjungan tersebu Bupati Befa juga meminta Dinas Perhubungan agar secepatnya menyelesaikan pembangunan terminal kendaraan roda empat yang berada tepat bersebelahan dengan pasar baru Tiom.

“Dalam waktu satu Tahun terakhir kepemimpinan saya dan wakil fokus untuk menyelesaikan masalah utama di kota Tiom yaitu listrik, pemindahan pasar, perdagangan dan jasa yaitu hotel dan Bank Papua, telah selesai dan siap menghasilkan pendapatan asli daerah dan peningkatan lalulintas ekonomi,”Ungkap Befa.

Dirinya menilai arus lalu lintas Tiom-Wamena sangat tinggi sehingga pasar di Tiom juga harus hidup sehingga roda perekonomian berjalan dengan baik. Oleh sebab itu Befa juga memerintahkan pengaturan di pasar agar dibagi juga los-los pasar untuk pengusaha asli Lanny Jaya agar berbisnis dan bersaing dengan dengan pedagang dari luar papua.

” Tahun ini Pemkab Lanny Jaya menyiapkan suntikan dana Rp 5 milyar bagi KAPP Lanny Jaya untuk mengakomodir para sarjana anak Lanny Jaya asli untuk menjadi pengusaha dan menjadi motor penggerak ekonomi di kabupaten Lanny Jaya,”Pungkasnya.(simon/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *