Yakin Bisa Capai Target Cakupan Vaksinasi

dr. Aaron Rumainum, M.Kes  gratianus silas/cepos 

JAYAPURA- Meskipun cakupan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Papua bergerak dengan lambat sejak distribusi vaksin maupun sejak launching vaksin perdana tingkat provinsi dilakukan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., yakin bahwa Papua bisa mencapai target vaksinasi yang ditetapkan pemerintah secara nasional.

Artinya dikatakan dr. Rumainum, pihaknya yakin cakupan memenuhi target sepanjang pemerintah kabupaten/kota yang telah menerima vaksin dan tenaga vaksinatornya telah mendapat pelatihan langsung tancap gas, dalam program vaksinasi di daerahnya.

“Kita yakin sepanjang kabupaten yang sudah dilatih tenaga vaksinatornya dan telah diberikan vaksin itu mencapai target di Februari ini selesai, minimal 70 persen,” ungkap dr. Aaron Rumainum, M.Kes, Sabtu (6/2) kemarin.

Tapi kalau pemerintah kabupaten memiliki kendala, seperti masalah sinyal yang mendukung pelatihan vaksinasi secara virtual bagi tenaga vaksinator, maka kepala daerah harus sikap mengambil langkah solutif agar vaksinasi di daerahnya dapat terlaksana. Memang pelatihan vaksinator disarankan untuk dilakukan secara virtual, namun kalau terkendala sinyal, maka opsi lain adalah pelatihan tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Tapi kalau kabupaten terkendala sinyal, lalu bupatinya tidak bisa selesaikan persoalan sinyal di daerahnya, tidak mungkin kami di bidang kesehatan yang harus menyelesaikannya. Kalaupun harus pelatihan tatap muka, tentunya butuh anggaran juga untuk datangkan tenaga pelatih ke daerahnya,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *