Vaksinasi Covid-19, Tunggu Pejabat yang Belum Screening

dr. Willy Mambieuw, SpB (foto: Denny/ Cepos)

WAMENA-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dr. Willy Mambieuw, SpB mengaku belum menetapkan kapan dimulainya vaksinasi Covid-19 di Jayawijaya. Besar kemungkinanakan digelar dalam waktu dekat, menunggu hasil persiapan yang dibutuhkan.
“Mungkin kita tinggal menunggu beberapa pejabat esensial yang belum melakukan screening kemarin, untuk bisa dilakukan agar mengetahui kondisi kesehatannya layak untuk mendapat vaksinasi atau tidak barulah secara serentak akan dilakukan pencanangan ivaksin Covid -19,”ungkapnya Jumat (5/2) kemarin.
Dokter Specialis Bedah RSUD Wamena juga mengaku jika persiapan yang dilakukan oleh dinas kesehatan dendiri sudah selesai, dimana yang terpenting itu adalah penyiapan tenaga vaksinator yang disertifikasi. Artinya usai melakukan pelatihan dan prakteknya maka 125 tenaga vaksinator dari 23 Puskesmas, RSUD Wamenadan dua Klinik Kesehatan dari Instansi TNI / Polri sudah siap untuk melakukan imunisasi itu.
“Tenaga vaksinator kami sudah dilatih bagaimana cara penyuntikan dan bagaimana cara penanggulangan bilamana terjadi satu accident usai dilakukan vaksinasi, dalam pelatihan itu 125 tenaga vaksinator diberikan sertifikat untuk melakukan penyuntikan vaksin Covid-19,”jelas Willy Mambieuw
Ia juga mengaku jika dengan penambahan pasien Covid -19 di Jayawijaya yang terus meningkat, maka untuk menekan lajunya dampak dari virus tersebut maka memang tidak bisa untuk menunggu lama pelaksanaan pencanangan penyuntikan vaksin Sinovac.
“1.200 vaksin sinovac yang masuk ke Wamena pada tahap pertama ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan 10 Pejabat esensial , hal ini dikarenakan mereka yang berpotensi untuk bertemu dengan banyak warga dalam melaksanakan tugas sehari -hari sehingga dinilai rentan terhadap penularan Covid -19.”bebernya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *