85 Tenaga Kesehatan Telah Divaksin

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Daud N. Duwiri ketika jalani screening sebelum dilakukan vaksin tahap pertama di Kabupaten Biak Numfor, Kamis (4/5).(foto: Fiktor/Cepos)

Tahap Pertama, Fokus ke Nakes Vaksinator

BIAK-Sebanyak 85 tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di Kabupaten Biak Numfor telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk tahap pertama. Sementara vaksin kedua akan dilakukan setelah 14 hari kemudian.
Nakes yang divaksin tahap pertama ini adalah, mereka yang akan bertugas sebagai tenaga vaksinator Covid-19 di 17 fasilitas pelayanan kesehatan. Adapun ke-17 fasilitas pelayanan kesehatan dimaksud diantaranya 12 Puskesmas, tiga rumah sakit, satu dan pusat pelayanan kesehatan lainnya.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes mengatakan, vaksin kedua akan dilakukan setelah 14 hari kemudian. Para tenaga medis yang telah divaksin lebih awal ini akan ditugaskan untuk melakukan vaksin kepada 1.260 orang.
“Jadi vaksin Covid-19 yang telah dilakukan memang kami fokuskan untuk Nakes, khususnya mereka yang akan menjadi vaksinator nantinya. Ya, setelah vaksin kedua dilakukan mereka langsung akan menjalankan tugasnya dengan melakukan vaksin kepada 1.260 orang,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.
Menurutnya, pelaksanaan vaksin kepada 1.260 orang akan dilaunching pada tanggal 17 Februari mendatang. Bersamaan dengan launching itu akan dilakukan vaksin Covid-19 terhadap beberapa orang.
Ia juga menambahkan bahwa, sebelum dilakukan vaksin kepada 85 tenaga kesehatan telah dilakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pigak terkait dan simulator pemberian vaksin.
“Tahapan sosialisasi dan rapat koordinasi serta simulasi sudah dilakukan, tinggal menunggu dilakukan vaksin kedua terhadap Nakes yang akan melakukan vaksinator lalu dilakukan vaksin secara besr-besaran, meskipun vaksin yang baru diberikan untuk tahap pertama dari Kementerian Kesehatan baru 2.520,” tandasnya.(itbtri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *