Muaythai Genjot Performa Atlet

Atlet Muaythai ketika melakukan latihan di Kota Batu belum lama ini. (Muaythai For Cepos)

JAYAPURA- Cabang olahraga Muaythai Papua saat ini masih berada di Kota Batu, Jawa Timur. Atlet yang dipimpin oleh Kenius Kogoya itu terus melakukan pemusataan latihan menuju PON XX 2021 Papua.

Pelatih kepala Muaythai Papua, Dony Ayorbaba mengatakan, atlet Muaythai Papua saat ini terus digembleng menuju event olahraga nasional empat tahunan itu.

Dengan waktu sisa, kata Dony, mereka akan fokus meningkatkan performa atlet dengan menjalankan latihan Endurance, Strength, Flexibility dan Gerak Dasar.

“Latihan Endurance agar atlet dapat mencapai kebugaran tubuh yang maksimal dengan bertambahnya VO2MAX yang setinggi-tingginya,” ungkap Dony kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Kamis (4/1).

Strength untuk melatih kelompok otot besar dari tubuh atlet untuk persiapan masuki TPK, ssehingga atlet benar-benar siap melakukan kerja otot dan mempunyai kekuatan yang besar dan tentunya daya ledak pada kompetisi utama nantinya.

Sementara Flexibilty, Dony menuturkan bertujuan untuk melatihan kelenturan atlet, agar sistem kerja otot dan tubuh atlet lebih maksimal dan terhindar dari resiko cedera.

“Sehingga atlet terbiasa melakukan gerakan-gerakan yang sulit dan di atas rata-rata tanpa cedera. Sementara gerak dasar bertujuan agar atlet bisa maksimal pada saat latihan,” ucap Dony.

Dony juga membeberkan, sejauh ini atletnya terus menunjukkan peningkatan dalam latihan. Sebab itu, dengan waktu sisa, Dony akan terus berupaya meningkatkan performa atletnya.

“Untuk progress sesuai catatan latihan harian dan pengamatan pelatih, hampir semua atlet mengalami peningkatan kemampuan. Dan ada beberapa diantaranya yang progressnya cukup signifikan,” tandasya.

Soal target, Dony mengaku bahwa Muaythai Papua akan berupaya untuk memberikan yang terbaik dengan perolehan 3 medali emas. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *