Merauke, Daerah Kelima Vaksinasi Covid-19

Wakil Bupati Merauke Sularso,SE, saat menerima vaksinasi dengan cara  petugas menyuntik pada lengan kiri Wabup Sularso.  Sularso sendiri mengaku tidak merasakan adanya sesuatu setelah mendapat vaksinasi Covid-19 tersebut. ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Sesuai rencana sebelumnya,  Kabupaten Merauke mencanangkan  vaksinasi Covid-19,  dipusatkan di Puskesmas Mopah Baru,  Kelurahan Mandala-Merauke, Kamis (4/2).  Pencanangan  dilakukan Wakil Bupati Merauke Sularso, SE disaksikan Kapusdik SDMK Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Dr. Sugiyanto.

   Dalam pencanangan   tersebut setidaknya ada 10 pejabat  Forkopimda, Komandan satuan TNI  dan Polri serta tokoh masyarakat  yang mendapatkan vaksin.  Vaksinasi pertama  dilakukan oleh Wakil Bupati Merauke Sularso, kemudian Danrem Brigjen TNI Bangun Nawoko, SIP bersama istri, Danlanud Merauke Kolonel Pnb  Herdy Arief B, SE.

  Selain itu, ada   Dandim 1707/Merauke Letkol  CZI Muh. Rois Edi Susilo, SIP, Kabag Ops AKP Micha Toding Potty, SIK, SH, mewakili Kapolres, Eko Nuryanto, SH mewakili  Kajari,  Plt Kadinkes  dr Neville R. Muskita,  Direktur RSUD Merauke dr.  Yenny Mahuze,  Kepala BPJS Kesehatan Merauke, Kepala Kantor  Pelabuhan Merauke, Ketua Klasis GPI Merauke mewakili tokoh agama.

   Setelah itu   dilanjutkan vaksinasi dengan tenaga kesehatan (Nakes)  Wakil Bupati Merauke   Sularso mengatakan dengan pencanangan ini yang diawali oleh Forkopimda, tokoh agama dan adat dapat menggairahkan dan meyakinkan kepada masyarakat  bahwa program vaksinasi dalam rangka mengantisipasi penularan Covid-19 sudah betul-betul aman menurut penjelasan pemerintah.

  ‘’Harapan kita ini mendapat dukungan dan suport dari masyarakat dengan target 100 persen yang kita ingin capai vaksinasi di seluruh Indonesia khususnya  Merauke,’’ kata Wabup Sularso.

   Sularso juga menjelaskan bahwa berdasarkan penjelasan yang  dirinya terima, jika Kabupaten Merauke merupakan daerah kelima di  Papua yang melaksanakan vaksinasi  ini setelah provinsi Papua,  Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya.   Wabup Sularso juga sepakat jika yang pertama divaksinasi adalah tenaga kesehatan, setelah itu kemudian ASN dan TNI Polri  yang melakukan pelayanan langsung dengan masyarakat.     

   Sementara  itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr Neville R. Muskita menjelaskan bahwa untuk tahap pertama  ini yang divaksin adalah Nakes  yang berjumlah  1.059 orang.  Sementara  jumlah vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Papua sebanyak 2.200 dosis. ‘’Karena  vaksinasi ini 2 kali diberikan setiap penerima vaksin.”ungkapnya. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *