Launching Vaksin Covid, Tunggu Hasil Screening 

Ketua Pengadilan Kelas II B Wamena YaJid Raharjo, SH, MH saat mengikuti Screening di RSUD Wamena, Selasa (2/2) kemarin. ( FOTO: Denny/Cepos)

WAMENA-Hasil screening kesehatan dari Forkopimda Papua yang dilakukan sejak kemarin untuk memastikan kondisi tubuh bisa mendapatkan vaksinasi atau tidak, masih belum dikeluarkan oleh tim yang melakukan pemeriksaan. Di sisi lain masih ada juga pejabat publik yang belum melakukan pemeriksaan itu karena masih ada kesibukan yang lain.

   Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya Dr. Willy Mambieuw SpB mengaku belum bisa menetapkan pencanangan atau launching vaksinasi Covid-19, lantaran masih mempersiapkan semua yang dibutuhkan, seperti melakukan screening kepada 10 pejabat publik di Jayawijaya belum semua ikut  dan hasilnya juga belum dikeluarkan.

   “Kemarin dari Forkopimda Jayawijaya yang dilakukan screening baru 8 pejabat, sementara masih ada dua yang belum, sementara kita tunggu untuk dilakukan screening semua baru hasilnya akan diumumkan siapa yang bisa untuk mendapatkan vaksin itu,”ungkapnya Rabu (3/2) kemarin.

  Ia juga menyatakan, usai mendapatkan hasil screening yang diumumkan dan Dinkes mempersiapkan tenaga vaksinator yang telah dilatih, maka pihaknya akan mencari waktu yang tepat untuk melakukan pencanangan vaksin Covid -19 .

   “Screening yang dilakukan ini untuk mengetahui kondisi kesehatan dari 10 pejabat publik yang masuk dalam Forkopimda Jayawijaya,  apakah ada penyakit bawaan yang memiliki efek samping apabila dilakukan penyuntikan vaksinasi ini atau tidak, sehingga harus benar -benar dipastikan layak dulu baru bisa ikut dalam vaksin ini,”jelas Dr. Willy

   Kadinkes jayawijaya memastikan tidak kalah pentingnya penyiapan tenaga Vaksinator yang akan melakukan penyuntikan. Dimana mereka akan dilatih dulu cara menyuntik, kemudian kalau ada efek pasca imunisasi itu kira -kira penanganannya seperti apa, ini yang perlu disiapkan semuanya terlebih dahulu barulah bisa dilakukan vaksinasi.

  “Kita latih dulu tenaga kesehatan yang ada untuk melakukan penyuntikan dan mengantisipasi penanganan dampak yang terjadi pasca imunisasi, sehingga pelaksananya nanti bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan atau kesalahan,”bebernya

   Ia memastikan usai hasil Screening  dikeluarkan pejabat yang telah mengikuti pemeriksaan kesehatan itu akan dihubungi satu persatu oleh tim dokter yang melakukan pemeriksaan kepada mereka kemarin, dalam pemeriksaan kesehatan itu difokuskan kepada pemeriksaan jantung, gula darah, tensi darah seperti cek up.

  “vaksin tahap pertama yang masuk ini di khususnya bagi tenaga kesehatan plus pejabat esensial, artinya pejabat yang sering bertemu dengan orang banyak, kalau ada lebihnya bisa untuk TNI/ Polri yang divaksinasi,”beber dr Willy. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *