2020 Tahun Kebangkitan Investor Domestik

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Jayapura Papua, Kresna Aditya Payokwa saat menunjukkan perkembangan investor, Selasa (2/2). ( foto: Yohana/cepos)

JAYAPURA – BEI mencatat tahun 2020,  di tengah pandemi Covid-19, merupakan tahun kebangkitan investor domestik, dimana pertumbuhan investor domestik cukup luar biasa.

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia Jayapura Papua, Kresna Aditya Payokwa mengatakan,  secara nasional pertumbuhan investor domestik sangat signifikan,  termasuk juga untuk investor di Papua.

“Kami menyebut tahun 2020 adalah tahun kebangkitan bagi investor domestik, yang mana sepanjang tahun 2020 ada penambahan sebanyak 4.400 investor baru di Wilayah  Papua dan Papua Barat,” kata Kresna kepada Cenderawasih Pos, Selasa (2/2).

Diakuinya, 4.400 investor baru tersebut sangat drastis peningkatanya jika dibandingkan tahun 2019 ada penambahan investor baru,  hanya mencapai 2.000 lebih. Sementara tahun 2020 bisa lebih dua kali lipat.

“Kalau kita lihat dengan adanya pandemi Covid-19 tidak berdampak negatif,  tapi memberikan dampak positif karena banyak orang yang beralih pada transaksi keuangan yang bersifat online. Sementara kami di BEI Papua Jayapura, sudah dari dulu menggunakan layanan online,” terangnya.

Jika dilihat dari sisi usia, sekitar 40 persen investor BEI Papua Jayapura merupakan kalangan generasi muda, seperti para mahasiswa dan pengusaha-pengusaha muda yang memiliki minat investasi di pasar modal yang semakin tinggi.

Dari sisi transaksi juga semakin meningkat. Dampak Covid-19, selain menambah jumlah investor juga menambah jumlah transaksi di BEI. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *