Akan Terus Lakukan yang Terbaik Demi Menjaga Nama Baik Institusi Polri

Bincang-bincang dengan Kapolsek Japut AKP Handry M.Bawiling,S.Sos.,MM  yang Mendapatkan PIN Emas dari Kapolri

Tak semua polisi bisa mendapatkan penghargaan atau PIN Emas dari Kapolri, tentu ada hal-hal yang dianggap punya nilai besar atas pengabdian dan dedikasi kepada Polri, dan Kapolsek Japut AKP Handry M.Bawiling,S.Sos.,MM baru saja mendapatkan Pin Emas berikut wawancara dengan Kapolsek Japut.

Laporan -Elfira

AKP Handry M.Bawiling,S.Sos.,MM baru saja mendapatkan PIN Emas dari Kapolri atas prestasi yang dicapai dalam pengungkapan senjata api organik sewaktu menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Yapen beberapa tahun silam.

  Pin Emas yang diserahkan langsung Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gutsav R. Urbinas saat apel pagi di halaman Mapolresta, pada Rabu (27/1) lalu. Tak lantas membuat pria lulusan STM tahun 1993 menjadi sombong.

  Saat dikunjungi Cenderawasih Pos di ruangannya pada Sabtu (30/1) lalu . Pria yang pendidikan umum terakhir  S.2 Magister Manajemen Uniyap sedang berbincang dengan anggotanya, sesekali ia bercanda dan mengarahkan anggotanya.

  “Kita melakukan hal yang baik, pasti nama institusi juga menjadi baik,” ucapnya singkat sebelum memulai pembahasan lebih jauh.

  Soal perasaan pasca mendapatkan Pin Emas Kapolri, Kapolsek Jayapura Utara ini mengungkapkan perasaan bersyukur kepada tuhan karena kemurahan Tuhan bisa mendapat penghargaan Pin Emas tersebut.

Tujuan utama bukan karena harus dapat Pin Emas Kapolri, tetapi bagaimana seorang prajurit Polri bekerja semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat. Memberikan yang terbaik untuk institusi, karena apa yang dilakukan muaranya  ke institusi.

“Akan bekerja lebih maksimal lagi melakukan pedekatan pelayanan kepada masyarakat terutama di wilayah Jayapura Utara,” ucap pria yang pendidikan Polri  Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun 2012 silam.

Dengan mendapat Pin Emas, lebih memacu diri Kapolsek untuk terus bekerja dan melakukan pendekatan dengan masyarakat serta membawa perubahan dan memacu diri dan tetap berusaha membuat inovasi.

Dirinya juga berpesan kepada anggota untuk terus bekerja keras dalam melayani masyarakat, melakukan pendekatan dengan bekerja tanpa pamrih dan jangan malas malasan. “Terus berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, nanti masyarakat yang akan menilai kita,” ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Yapen ini.

Selain pengungkapan kasus senjata tersebut, selama menjabat Kapolsek Jayapura Utara, AKP Handry aktiv dalam pembinaan masyarakat. Bahkan itu merupakan salah satu program Polsek Jayapura utara melalui Kanit Binmas. Melakukan pendampingan  kebun ketahanan pangan ke masyarakat.

Kedepannya, bekerja lebih baik dengan melakukan inovasi. Salah satunya  kebun ketahanan pangan, giat sambang dengan warga, pelayanan kepada masyarakat serta patroli dan  menseriuasi kasus curanmor dan penjualan Miras ilegal di wilayah hukumnya.

Terlepas dari penghargaan Pin Emas tersebut, terbesit niat dirinya untuk sekolah. Sebagaimana di Kepolisian ada  beberapa jenjang yang perlu dilewati.“Bekerjalah untuk masyarakat dan masyarakat yang akan menilai kinerja kita,” ungkapnya.

Mantan Kasat Reskrim ini rupanya pernah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya penanganan kasus tindak pidana korupsi melebihi target tahun 2014. Saat dirinya menjabat Kanit Tipidkor Sat Reskrim Polres Jayapura Kota dan mendapat penghargaan dari Kapolda Papua.

Pengungkapan kasus pencurian senjata api organik Polri tahun 2018 Polres Kep Yapen saat menjabat Kasat Reskrim Polres Yapen. Pengungkapan pelaku kasus tindak pidana pembunuhan dan menemukan keseluruhan korban mutilasi sebanyak 13 potongan tubuh tahun 2019 saat menjabat Kasat Reskrim Res Kep.Yapen penghargaan dari Kapolres Yapen.

Penghargaan lainnya, juara 1 lomba olah TKP tingkat Polda Papua tahun 2019 saat menjabat Kasat Reskrim Res Kep.Yapen. Penghargaan dari Kapolda Papua. (*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *