Kapolres Untung Terharu Ketika Sambangi Anak Berkebutuhan Khusus

Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, MH saat mencium tangan dari seorang mama- mama Lansia saat sambangi Panti Asuhan Panti Asuhan Vincentius Alma Merauke, Jumat (29/1)

MERAUKE- Kendati terlihat garang, namun ketika dihadapkan dengan masalah sosial hatinya begitu cepat luluh. Itulah yang terjadi bagi AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum, Kapolres Merauke saat menyambangi Panti Asuhan Vincentius, Alma yang khusus menampung Lansia dan Anak-Anak berkebutuhan khusus.
Saat mendatangi Panti Asuhan yang berada di Kudamati Kelurahan Kamundu tersebut, Kapolres Untung Sangaji tak mampu menahan haru. Beberapa kali terlihat menyeka air matanya membuat wartawan khususnya wartawati yang ikut dalam kunjungan tersebut ikut terharu.
Saat masuk ke dalam panti asuhan itu, ada 2 mama-mama lanjut usia dan sejumlah anak-anak
berkebutuhan khusus duduk di atas kursi roda menyambut kedatangan Kapolres dan rombongan. Tak di sangka, Kapolres Untung Sangaji maju dan duduk jongkok dibawah kursi roda sambil mencium tangan mama-mama lansia layaknya ibu kandung sendiri.

Begitu juga dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus itu, Kapolres duduk jongkok mencium tangan dan kening mereka satu persatu layaknya anak kandung sendiri. Saking terharunya, membuat Kapolres Untung Sangaji tak sanggup berkata-kata lagi.

Kepala Pengelola Panti Asuhan St Vincentius Alma Suster Florensia N. Hokeng, Alma, menjelaskan bahwa jumlah anak berkebutuhan khusus yang ditampung di sini sebanyak 30 orang dan untuk lansia sebanyak 6 orang.

Sementara jumlah pengasuh sebanyak 13 orang. Para pengasuh, kata dia, mengasuh anak-anak tersebut seperti anak sendiri dan tidur bersama saat malam hari. ‘’Mereka datang dari berbagai suku dan latang belakang keluarga dan keterbatasan merekal,’’ kata Floransia.

Suster Florensia menyampaikan atas kunjungan Kapolres bersama jajarannya tersebut yang memberikan perhatian. ‘’Saya pikir bapak dan ibu dalam keluarganya pasti merasakan bagaimana merawat dan mendampingi anak-anak dalam keluarga, terutama bagi anak yang berkebutuhan khusus. Begitu juga sini kami dampingi dan melayani mereka anak-anak berkebutuhan khusus atau disibilitas dengan berbagai keterbatasan mereka,’’ katanya.

Kasubag Humas Polres Merauke AKP Ariffin, S.Sos menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini adalah Humas Polres bersinergi dengan wartawan untuk berbagi dengan sesama dengan menyerahkan pakaian layak, sembako berupa beras, mie instan, telur, termasuk masker.

’’Kita berbagi dengan sesama terutama bagi yang sangat membutuhkan,’’ katanya. Selain Panti Asuhan Alma tersebut, hal sama juga dilakukan untuk DDI Lampu Satu Merauke. ’’Hari ini ada 2 titik tempat kita berbagai,’’ terangnya. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Merauke Kompol Leonardo Yoga, SIK dan Kabag Ops AKP Micha Toding Potty, SIK, SH. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *