Belasan SPM, Sajam hingga Paket Ganja Terjaring Razia 

Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally memimpin razia di pertigaan Koya Timur - Trans Skouw, Distrik Muara Tami, Jumat (29/1) ( FOTO: Humas Polresta)

JAYAPURA- Maraknya angka kriminalitas pencurian kendaraan bermotor (Curanmor)  di wilayah hukumnya, maka Polsek Muaratami rutin gelar razia dan terjaring belasan SPM dan sajam serta ganja.

  Adapun razia yang digelar di pertigaan Koya Timur – Trans Skouw, Distrik Muara Tami berhasil menjaring 15 unit sepeda motor dan sebilah senjata tajam serta tiga bungkus plastik bening ukuran sedang diduga berisikan narkotika jenis ganja bersama tersangkanya.

   Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally mengatakan, pihaknya rutin melakukan razia baik terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat guna menekan angka curanmor dan peredaran narkotika jenis ganja.

   “Razia akhir-akhir ini karena angka tindak pidana curanmor kian meresahkan masyarakat, selain itu juga untuk mencegah melintasnya narkotika jenis ganja mengingat wilayah kami berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Dimana barang haram haram tersebut berasal dari sana,” terangnya.

   Dijelaskan, dari 15 unit sepeda motor yang diamankan diantaranya 14 pengendara tidak dapat menunjukkan surat-surat kepemilikan dan satu pengendara tidak menggunakan helm.

   “Kami juga berhasil mengamankan seorang pria berinisial YFRS (29) warga sentani yang tertangkap tangan membawa narkotika jenis ganja sebanyak tiga bungkus plastik bening ukuran sedang,” terangnya.

   Lanjutnya, kendaraan yang terjaring diamankan ke Mapolsek Muara Tami. Sementara pria yang membawa narkotika jenis ganja tersebut akan diserahkan ke Sat Narkoba Polresta Jayapura Kota untuk ditindaklanjuti.

   Sementara itu, mencegah terjadinya tindak kejahatan dan gangguan Kamtibmas, Direktorat Samapta Polda Papua gencar melaksanakan Patroli Malam di Seputaran Kota Jayapura, Kamis (29/1)

  Adapun sasaran personel Direktorat Samapta Polda Papua ialah kepada aksi Premanisme dan kejahatan pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) ditempat-tempat rawan kejahatan terutama pada waktu malam hari serta daerah kerumunan Masyarakat untuk menyikapi penyebaran Covid-19.

   Direktur Samapta Polda Papua Kombes Pol. Sondang mengatakan, kegiatan patroli ini sudah menjadi tugas pokok dari Direktorat Samapta guna menciptakan situasi Kamtibmas agar terhindar dari aksi kejahatan yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat.

   “Kegiatan patroli tersebut rutin dilaksanakan di tempat-tempat yang rawan akan gangguan Kamtibmas seperti di perkantoran, perumahan dan tempat nongkrong anak-anak remaja serta pasar–pasar agar tidak terjadinya keresahan di lingkungan masyarakat Kota Jayapura,” terangnya.

  Tidak hanya itu lanjut Dir Samapta, melainkan personel juga menyambangi masyarakat yang ditemui dan berdialog untuk mengajak masyarakat bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam memerangi premanisme serta agar selalu waspada, berhati-hati dan menjaga keselamatan diri terhadap ancaman premanisme.

   Selain melakukan Patroli, personel di lapangan juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu menerapkan 3M 1T yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan serta tidak berkerumun pada saat melakukan aktivitas di luar rumah, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *