Berkas 13 Tersangka Dugaan Makar Tahap I

Ipda J. Sitanggang ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE- Berita acara pemeriksaan (BAP) 13 tersangka dugaan makar telah diserahkan penyidik Reserse Kriminal Polres Merauke ke Kejaksaan Negeri Merauke atau tahap 1 untuk dilakukan penelitian lebih lanjut apakah BAP tersebut sudah memenuhi syarat formal dan materil.

“Tahap I berkas ke-13 tersangka tersebut sudah kita serahkan ke Kejaksaan Negeri Merauke untuk dilakukan penelitian lebih lanjut,’’ kata Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum, melalui Kaur Bin Ops (KBO) Reskrim Ipda J. Sitanggang ketika ditemui di Polres Merauke, Jumat (28/1).

  Menurut Kaur Bin Ops J. Sitanggang bahwa berkas pemeriksaan tahap pertama tersebut diserahkan satu hari kemudian setelah putusan sidang praperadilan yang memenangkan termohon, tepatnya pada Selasa (26/1). ‘’Kita menunggu seperti apa petunjuk dari jaksa setelah BAP tersebut kita tahap pertama,’’ jelas J Sitanggang.

  Sementara itu, untuk pemeriksaan ahli hukum pidana di Jakarta, KBO Sitanggang mengungkapkan bahwa pemeriksaan tersebut telah dilakukan. Dimana 3 penyidik diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan terhadap 2 ahli hukum yang merupakan guru besar dari 2 perguruan tinggi ternama yang ada di Jakarta. ‘’Pemeriksaan sudah dilakukan dan berita acara pemeriksaannya sudah dibubuhi tandatangan basah,’’ katanya.

  Sekadar diketahui, bahwa ke-13 tersangka dugaan makar tersebut ditangkap pada 13 Desember 2020 lalu di sebuah rumah yang dijadikan sebagai sekretariat dari KNPB tersebut. Ke-13 tersangka melalui kuasa hukumnya telah mengajukan praperadilan terhadap kepolisian dalam hal ini Polres Merauke atas penangkapan, penggeledahan, penyitaan barang bukti yang dianggap tidak sah, namun oleh Pengadilan Negeri Merauke menolak praperadilan tersebut dan memanangkan Polres Merauke. Pengadilan Negeri Merauke berkesimpulan bahwa penggeledahan, penangkapan, penyitaan dan penatapan para tersangka sah menurut KUHAP. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *