Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Tetap dengan Prokes

Masyarakat saat melakukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Merauke dengan penerapan protokol kesehatan, Kamis (28/1)

 MERAUKE – Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Merauke tetap dilakukan dengan menerapkan protokoler kesehatan (Prokes). ‘’Pelayanan untuk pengurusan paspor tetap kita lakukan. Namun kita menekankan bahwa setiap orang yang datang terlebih dahulu mencuci tangan kemudian ukur suhu badan dan selama pelayanan tetap memakai masker kecuali saat pengambilan foto karena memang diwajibkan wajah tidak boleh memakai masker,’’ Plt Kepala Kantor Imigrasi Merauke Handwiyuto, kepada wartawan di temui di ruang kerjanya, Kamis (28/1).

  Selain itu, lanjut dia, petugas dibatasi dimana setiap harinya telah diatur 5 orang yang setiap harinya melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut. ‘’Petugas juga setiap harinya berbeda. Kalau bertugas hari ini, maka besok orang yang berbeda lagi,’’ terangnya.

  Semua itu, kata dia, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ‘’Pelayanan tetap berjalan jangan sampai kita menutup kantor,’’ jelasnya.

Sebab, lanjut dia, ada beberapa kantor Imigrasi yang terpaksa ditutup sementara karena sejumlah petugasnya terindikasi terpapar Covid-19. Sejauh ini, lanjut Handwiyuto, rata-rata yang mengurus paspor adalah mereka yang ingin berlibur ke luar negeri. ‘’Mereka sebagai turis. Jadi semacam persiapan. Harapannya, kalau pandemi ini segera berakhir kemungkinan mulai Agustus, seperti itu, mereka sudah bisa mulai keluar,’’ terangnya.

  Soal tujuan dari warga yang ingin berlibur ke luar negeri tersebut Handwiyuto belum mengetahuinya. Sebab, sampai sekarang ini masih masih banyak Negara yang menutup orang luar masuk negaranya. Bagaimana dengan para calon haji yang diperkirakan tahun ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makka? Handwiyuto mengaku sejauh ini belum ada.

   Sebab menurutnya, untuk calon haji tersebut biasanya pengurusnnya melalui kantor agama. ‘’Kalau sudah mau musim haji, kami akan berkoordinasi dengan kantor agama dalam rangka pengurusan paspor para calon jamaah haji tersebut,’’ pungkasnya. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *