Di Biak, Nikah Massal Akan Dilakukan Bergantian Di 19 Distrik

Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ( foto: FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

Khusus Bagi Warga Yang Telah Diberkati Di Gereja   

BIAK-Pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan membantu warga mendapatkan dokumen pernihakan melalui pencatatan sipil dengan cara akan menggelar nikah massal. Nikah massal itu akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Biak Numfor.

Bahkan untuk nikah massal ini telah diperintahkan langsung oleh Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ager segera dipersiapkan oleh OPD terkait. Nikah massal bagi warga yang belum memiliki dokumen catatan sipil hanya berlaku bagi warga yang telah menikah secara gereja atau telah diberkati di gereja. Artinya warga yang sudah berkeluarga (telah memiliki anak) namun belum diberkati secara gereja tidak akan dilayani.

“Nikah massal bagi warga yang belum memiliki dokumen pernikahan dari pemerintah ini penting dan akan dilakukan di tahun 2021 secara bergantian di 19 distrik. Tapi perlu diingat, bahwa nikah massal yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hanya bagi mereka yang telah diberkati secara gereja, kalau belum diberkati ya itu tidak boleh,” kata Bupati Herry Naap kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Menurutnya, tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Biak Numfor akan segera melakukan koordinasi dengan setiap distrik dan kampung supaya mempersiapkan serta mengkoordinasikan ke warga yang belum menikah dengan pencatatan sipil supaya mempersiapkan diri. Program nikah massal itu akan dilakukan secara bergantian di 19 distrik yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

“Ya, kenapa harus nikah massal? Nikah massal ini akan membantu masyarakat meringankan biaya, dan ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah berkeluarga namun secara dokumen pernikahan yang diakui oleh Negara belum ada. Dan saya kira akte nikah ini penting untuk keperluan bagi anak-anak kedepan dan wajib dimiliki oleh setiap keluarga,” pungkasnya.(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *