Dewan Segera Proses Pelantikan Paslon Bupati Terpilih ke Mendagri

Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs. Benjamin Latumahina saat menandatangani Surat Keputusan pengesahan bupati dan wakil bupati Merauke terpilih dalam sidang paripurna dewan, kemarin (28/1).(Foto:Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Merauke akan segera melakukan proses pelantikan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Merauke Drs. Romanus Mbaraka, MT dan H. Riduwan, S.Sos, M.Pd ke Gubernur Papua melalui bupati Merauke.
Pasalnya, pasangan terpilih ini telah ditetapkan oleh KPU sudah diumumkan dan disahkan oleh DPRD Kabupaten Merauke melalui sidang paripurna istimewa DPRD Merauke, Kamis (28/1).
Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs. Benjamin Latumahina mengungkapkan bahwa setelah pengumuman dan pengesahan, selanjutnya DPRD Kabupaten Merauke segera mengusulkan pelantikannya ke Mendagri melalui gubernur.
“Setelah hari ini (kemarin, red) kita sahkan, maka kita akan segera proses ke Mendagri melalui bupati untuk diterbitkan SK sekaligus pelantikan,” ungkap Benjamin Latumahina.
Dia berharap, SK dari Mendagri bisa secepatnya sehingga pelantikan bisa segera dilakukan agar nantinya tidak perlu ada penjabat bupati. Karena periode kepemimpinan bupati Merauke Frederikus Gebze dan Wabup Sularso akan berakhir pada 17 Februari 2021 mendatang.
“Untuk pelantikan kita sesuaikan dengan SK dari Mendagri. Tapi biasanya, pelaksanaan pelantikan bukan lagi di kabupaten tapi di provinsi. Kita juga tidak tahu nanti apakah pelantikan dilakukan secara virtual atau seperti apa. Kita lihat saja nanti dan biasanya, secara menyeluruh dengan beberapa kabupaten,” jelasnya.
Dalam sidang paripurna istimewa kemarin, Benjamin Latumahina mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali bersatu dan menghilangkan seluruh perbedaan politik yang ada saat Pilkada lalu. “Kita sudah tetapkan pemimpin kita untuk lima tahun mendatang yang ditentukan lewat kita semua. Mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah yang kita cintai ini dan hilangkan perbedaan politik yang sempat terjadi saat Pilkada lalu,” pintanya. (ulo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *