Program Literasi Harus Diterapkan di Jenjang Dasar Pendidikan

Christian Sohilait ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan,dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua, Christian Sohilait menginginkan agar program literasi diterapkan di kelas awal. Pasalnya, literasi menjadi satu hal yang paling mendasar bagi para peserta didik di kelas awal atau kelas dasar.

“Sekarang orang menyalahkan perguruan tinggi, SMA atau SMP, karena anak-anak ada masalah di sana. Namun, mereka tidak memperhatikan dengan baik pendidikan dasar di kelas awal. Oleh karenanya, kita mau melihat dengan baik pendidikan ini dari dasar. Ketika dasarnya baik, maka kita harap, jenjang selanjutnya peserta didik akan semakin baik,” terang Christian Sohilait, Rabu (27/1) kemarin.

Secara khusus, Sohilait memberikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui program penggerak (organisasi penggerak, sekolah penggerak, guru penggerak) di mana terdapat salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengambil peran untuk memberikan asistensi dalam peningkatan literasi di Papua.

“Dari program literasi di kelas awal, kita akan melihat statistik pendidikan sebelum dan sesudah program ini diterapkan. Kami harap ada peningkatan literasi setelah program ini diterapkan,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *