PON Tanpa Penonton! Atlet Diminta Tetap Fight

Penonton yang memenuhi Stadion Mandala Jayapura saat menyaksikan Persipura Jayapura dalam Liga 1 2019 lalu. ( FOTO: Erik / Cepos)

JAYAPURA-Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua tinggal menyisahkan waktu 8 bulan lebih, sementara pandemi Covid-19 di tanah air khususnya di Papua sebagai tuan rumah belum menunjukan penurunan.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman pun beberapa waktu lalu yang membeberkan kemungkinan besar perhelatan olahraga empat tahunan itu akan digelar tanpa penonton untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan wabah asal Cina itu.

   Menaggapi hal itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menyebutkan, wacana itu tentu sangat berpengaruh pada penampilan para atletnya yang akan bertanding.

Sebab menurut Kenius, supporter atau penonton memiliki peran penting untuk membangkitkan semangat seorang atlet tuan rumah untuk mencapai prestasi.

“PON kali ini sedikit berbeda karena berada di tengah pandemi. Saya tidak tahu apakah nanti penyelenggara akan mengizinkan adanya penonton atau tidak, padahal kehadiran penonton itu sangat penting untuk memberikan semangat kepada atlet kita yang bertanding,” ungkap Kenius kepada awak media, Selasa (26/1).

Sebab itu, ia menyampaikan kepada seluruh atlet yang saat ini sedang digembleng dalam pemusatan latihan agar tetap tampil maksimal andaikan pertandingan digelar dengan tanpa penonton.

“Jika memang harus digelar tanpa penonton, maka atlet kita harus menyiapkan diri dengan baik untuk bisa menjadi juara,” pungkasnya. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *