Pilih Buper Waena atau di Daerah Koya?

Dr Benhur Tomi Mano, MM. (FOTO:Priyadi/Cepos)

Lokasi Baru TPU Kristen Diminta Dikaji Kelayakannya 

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM mengakui bahwa daya tampung Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen yang berada di Abepura sudah penuh. Karena itu, Pemkot memberikan perhatian serius untuk mencarikan tempat baru yang layak.

  Beberapa alternatif yang bisa dijadikan pilihan lokasi baru untuk TPU Kristen, yakni di Buper Waena atau membeli lahan kosong  di daerah Koya Distrik Muara Tami. Hanya saja, semua ini perlu dibahas  bersama dengan jajaran pimpinan OPD terkait, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

  “Jika memang TPU Kristen Tanah Hitam Abepura kini sudah semakin sempit lahannya, saya minta Dinas PUPR PKP untuk bisa melakukan studi kelayakan lokasi baru di sejumlah wilayah di Kota Jayapura untuk dijadikan tempat pemakaman baru dan tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup dan AMDAL,” kata Wali Kota, Rabu (27/1) kemarin.

   Menurut Wali Kota,  Dinas PUPR PKP yang menangani pemakaman bisa melihat lokasi mana yang bisa digunakan sebagai lahan baru. Apakah di Buper Waena atau Koya, nanti diminta dibuat telaah dan dilaporkan Sekda Kota Jayapura untuk nantinya dikaji bersama-sama.

   Untuk itu, supaya perencanaan ini matang dan berjalan sesuai aturan semua harus dilakukan kajian maupun telaah diperhitungkan dampak lingkungan sekitar, Amdal, anggaran, maupun aspek lainnya, sehingga harus dilakukan koordinasi dulu dengan Sekda selanjutnya wali kota.

Sekedar diketahui, sebelumnya DPRD Kota Jayapura dan Kepala Dinas PUPR PKP Kota Jayapura telah melakukan kunjungan untuk melihat padatnya TPU Kristen Tanah Hitam Abepura, sehingga ini menjadi perhatian wali kota saat ada informasi bahwa TPU disana sudah semakin padat dan diperkirakaan tidak bisa muat lagi untuk tahun ini atau tahun depan. (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *