Mapolsek Abe Harus Dijadikan Rumah Untuk Melayani Masyarakat Dengan Sungguh-Sungguh

Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, saat menandatangani prasasti Gedung Baru Mapolsek Abepura sebagai tanda diresmikannya Mapolsek Abepura di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Selasa (26/1). ( FOTO: Yewen/Cepos)

Melihat Gedung Baru Mapolsek Abepura yang Diresmikan Kapolda Papua

Setelah satu tahun lebih berkantor dengan meminjam tempat di Kantor Pos Abepura, maka kemarin, Polsek Abepura memiliki gedung baru yang dapat digunakan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Seperti apa Gedung Baru Mapolsek Abepura dan komitmen dalam melayani masyarakat di wilayah hukum Abepura kedepan?

Laporan: Roberthus Yewen, Jayapura

Puluhan krans bunga dengan bertuliskan ucapan selamat atas  peresmian gedung baru Mapolsek Abepura dari berbagai pihak berjajar  di samping kiri dan kanan halaman Polsek Abepura, Selasa (26/1) kemarin.

  Tepat di bagian depan tertulis Polsek Abepura, dengan bangunan dua lantai dengan masing-masing ruangan, dimana terdiri dari ruangan Kapolsek, Wakapolsek, Para Kanit dan ruang tahanan. Di bagian depan samping kanan ada ruangan Provos, dan ruangan pelayanan masyarakat.

  Siang itu, sekira pukul 11. 00 WIT, Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw didampingi oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Matius Fakiri dan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav Urbinas dan para pejabat Polda dan Polresta Kota serta Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith secara resmi menandatangani dan menggunting pita tanda diresmikannya Polsek Abepura.

Selama satu tahun lebih, Mapolsek Abepura harus meminjam ruangan di Kantor Pos Abepura, untuk berkantor sambil melayani masyarakat, serta menangani berbagai kasus kriminalitas dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Abepura, Kota Jayapura.

  Kehadiran gedung baru Polsek Abepura ini tentu akan memberikan dampak ke depan terhadap tugas dan pelayanan yang lebih maksimal dan prima serta profesional kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah hukum Abepura,   yang begitu kompleks ini.

  Apalagi, Polsek Abepura merupakan salah satu Polsek di jajaran Mapolresta Jayapura Kota yang sangat trategis berada di tengah-tengah berbagai aktivitas kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, mall, perhotelan dan lain sebagainya, sehingga permasalahannya sangat kompleks.

  Kehadiran Mapolsek Abepura yang baru ini, tentu berbeda dengan gedung lama Mapolsek. Jika sebelumnya gedung lama hanya satu lantai dengan kapasitas ruangan yang terbatas, maka kehadiran gedung baru Mapolsek Abepura ini berkapasitas dua lantai dengan mempunyai ruangan sentra pelayanan yang siap melayani masyarakat di wilayah hukum Abepura, Kota Jayapura.

  “Kehadiran gedung bangunan Mapolsek Abepura ini harus dibarengi dengan pelayanan yang lebih prima dan sungguh-sungguh kepada masyarakat,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw.

  Gedung Mapolsek Abepura ini tidak sekedar kantor kepolisian untuk bekerja di setiap fungsi dan tugas masing-masing, tetapi harus dijadikan Mapolsek ini sebagai rumah atau Honai atau para-para adat, sehingga sungguh-sungguh melayani masyarakat di wilayah Abepura, Kota Jayapura.

  Tak hanya itu, jika ada pekerjaan yang dilakukan atau perkara yang ditangani, maka diharapkan bisa dapat menyelesaikannya. Jangan hanya datang tepat waktu dan pulang serta bergantian piket. Namun, yang terpenting dapat bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

  Hal ini penting dilakukan oleh seluruh perwira dan anggota di Mapolsek Abepura, sehingga pelayanan yang diberikan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Dengan demikian, cipta kepolisian di tengah-tengah masyarakat akan semakin hari semakin baik.

  “Jangan hanya gedungnya saja yang terlihat bagus, tetapi harus dibarengi dengan pelayanan yang prima dan sungguh-sungguh dalam melayani masyarakat, sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan dari pelayanan tersebut,” kata mantan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) ini.

  Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav Urbinas dalam laporannya membeberkan bahwa pembangunan gedung Mapolsek Abepura ini pertama kali dilakukan pada tahun 2019.

  Dimana menurut Gustav pada tahun 2019 pihaknya menerima belanja modal untuk pembangunan Polsek Abepura dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 sebesar 3,2 miliar. “Dengan waktu pekerjaan selama 180 hari, terhitung dari tanggal 23 Maret sampai dengan 19 September 2019 dengan tipe bangunan 305 meter persegi dan berlantai dua,” bebernya. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *