Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika menyerahkan materi sidang kepada Ketua DPRD Biak Numfor Milka Rumaropen pada pembukaan sidang paripurna RAPBD tahun 2021, Selasa (26/1) kemarin.

BIAK-Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengajak masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Herry Naap menyikapi kasus Covid-19 yang kasusnya masih mengalami peningkatan.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak semua elemen masyarakat mari kita sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor,” imbuh Bupati saat memberikan pidato pengatar sidang paripurna RAPBD Tahun 2021, Selasa (26/1).

Sesuai data penyebaran Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, secara  kumulatif sampai dengan tanggal 25 Januari 2021, terkonfirmasi sebanyak 997 orang, sembuh sebanyak  858 orang, dirawat 102 orang dan meninggal 37 orang.

Terkait dengan itu, maka menyikapi perkembangan pandemi Covid-19, kebijakan APBD Tahun Anggaran 2021 harus memberikan porsi untuk penanganan aspek kesehatan, bantuan sosial dan penyelamatan ekonomi daerah sebagai dampak pandemi Covid-19.

“Dukungan ini penting  terutama memberikan dukungan penyediaan tenaga kesehatan, tempat vaksinasi, transportasi, gudang dan alat penyimpanan vaksin,” pungksnya.

Hal yang lain, lanjut Herry Naap, bahwa peningkatan peran aktif Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sangat penting dalam rangka mengoptimalkan pengawasan penggunaan anggaran penanganan Covid-19 untuk menjamin validitas, akuntabilitas dan penggunaan yang tepat sasaran.

Lebih jauh dikatakan, bahwa dampak pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 mengakibatkan perekonomian global tertekan dan menurun sangat tajam termasuk perekonomian nasional dan seluruh daerah termasuk Kabupaten Biak Numfor.

“Pendapatan negara sangat berpengaruh terhadap dana transfer ke daerah, demikian halnya selama pandemi Covid-19 penerimaan PAD di daerah. Persoalan Covid-19 bukan persoalan Indonesia saja, namun persoalan dunia yang menguncang berbagai sendi kehidupan,” pungkasnya.(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *