Empat Tersangka Narkotika Diringkus Polisi

Empat pelaku penyalagunaan Narkotika yang berhasil diringkus oleh Satuan Narkotika Polres Merauke. ( FOTO: Foto: Yulius Sulo/Cepos)

MERAUKE- Empat pelaku penyalagunaan Narkotika berhasil diringkus oleh Satuan Narkotika Polres Merauke. Dari 4 tersangka Narkotika tersebut, 1 diantaranya merupakan pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis Rikloria atau obat penenang berinisial WEW alias Widya, seorang perempuan. Kemudian 3 orang lainnya merupakan tersangka penyalagunaan Narkotika jenis ganja masing-masing berinsial AF, Ir dan SP.

Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kasat Narkoba AKP Najamuddin, MH, saat jumpa pers mengungkapkan untuk 3 tersangka Narkotika jenis ganja ditangkap di jalan Emasu Merauke pada Rabu 20 Januari 2021 sekitar pukul 17.30 WIT, dengan barang bukti Narkotia jenis ganja. Kemudian tersangka WEW alias Widya ditangkap pada Kamis 21 Januari sekitar pukul 21.00 WIT dengan barang bukti berupa 209 butir Roklaria yang masuk dalam kategori Narkotika. Obat tersebut didatangkan tersangka dari luar Merauke.

Menurut Kasat Narkotika, penangkapan bermula ketika anggotanya mendapat informasi bahwa akan ada transaksi di jalan Arafura Buti Merauke. Selanjutnya dilakukan pemantauan tepatnya di perumahan BTN Arwana. Sekitar pukul 21.15 WIT, anggota Opsnal melakukan penggeledahan rumah tersangka dan mendapatkan 1 buah paket karton warna coklat yang berisikan 20 strip atau 200 butir obat jenis Rikloria, kemudian ditemukan lagi 1 strip Rikloria yang berisi butir. ‘’Pelaku memesan barang tersebut dari Makassar dengan harga Rp 4,5 juta,’’ jelasnya.

Tersangka WEW lanjut Kasat Narkoba dikenakan Pasal 62 UU RI Nomor 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. ‘’Sudah dilakukan penahanan terhadap tersangka,’’ terangnya.

  Sementara untuk 3 tersangka Narkotika Ganja, ungkap Kasat Narkoba satu diantaranya merupakan pelajar. ‘’Untuk ganja yang mereka edarkan ada yang paketan Rp 50 ribu, ada yang paket Rp 100 ribu. Tapi yang kita tangkap kemarin ini, mereka melakukan pembarteran dengan minuman keras lokal,’’ katanya. Ketiga tersangka, kata Kasat Narkoba dijerat dengan 114 UU Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 15 tahun keatas.

  Kapolres Untung Sangaji mengungkapkan bahwa penangkapan Narkotika ini di wilayah Merauke yang didatangkan dari luar. ‘’Pemakainya anak remaja dan dewasa, tapi pasti menyerang anak remaja juga. Tokoh-tokohnya ada, transaksi elektroniknya ada dan jumlah barang buktinya masih ada yang lain kita simpan. Ini kencang sekali lakukan distribusi Narkotika ini,’’ terangnya. Ditambahkan, pengembangan telah dilakukan dengan cara pihaknya. Meski diakui pihaknya disibukan dengan masalah Makar, namun tugas lain tetap harus jalan. ‘’Begitu juga pembelajaran tentang home industri harus tetap jalan,’’ tandasnya. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *