Dua Pelaku Curas Ditangkap, 4 DPO

Kapolres Jayapura AKBP. Dr. Viktor Dean Mackbon, didampingin Kasat Reskrim AKP.Sigit Susanto, S.IK pada saat pres release penangkapan 2 dari enam pelaku Curas di Air Terjun, Kampung Harapan, Senin,(25/1). (FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Polres Jayapura berhasil mengungkap pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang terjadi pada 10 Januari lalu di Kali Bak, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. Terkait peristiwa itu, Polres Jayapura sudah mengamankan dua orang tersangka sedangkan empat lainya masih buron.
“Kami sudah mengeluarkan DPO terhadap 4 orang pelaku yang saat ini masih buron,” ungkap Kapolres Jayapura, AKBP Viktor Dean Mackbon, dalam keterangan persnya, Senin (25/1).
Kapolres menjelaskan, dari 6 pelaku, dua berhasil diamankan yakni inisial PT dan EK, kedua tersangka ditangkap pada 14 Januari 2021 di depan Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur.
Berdasarkan catatan dari pihak kepolisian diketahui para pelaku kejahatan itu sudah melakukan aksi kejahatan berulang kali.
“ Mereka berulang melakukan karena ini tidak dilakukan orang yang biasa, tapi orang yang profesional, karena tipe kejahatan ini bukan dilakukan oleh orang yang sembarang, “katanya.
Untuk melancarkan aksinya, para pelaku ini sering menggunakan senjata tajam seperti parang , kapak, pisau. Kemudian mereka juga lihai untuk menyembunyikan identitas dengan menggunakan topeng atau penutup muka pada saat melaksanakan aksi pencurian dengan kekerasan.
Berdasarkan kronologis kejadian, sekolompok orang yang melaksanakan kegiatan rekreasi di Air Terjun Kampung Harapan dicegat oleh pelaku dan merampas seluruh barang bawaan mereka, seperti uang dan barang lainnya.
“ Hasil curian ini dibagi rata untuk keperluan sehari–hari “ jelas Kapolres.
Tersangka sendiri dikenakan pasal 365 ayat 2 kedua KUHP ancaman hukuman 12 tahun penjara yaitu barang siapa yang melakukan pemaksaan, pencurian, dengan menggunakan ancaman.
Sementara 4 orang lainya tegas Kapolres masih berstatus DPO dalam pengejaran polisi masing-masing YW, MT, OT, OP. Keempatnya merupakan incaran lama polisi. Kapolres berharap kepada ke empat DPO untuk segera menyerahkan diri kepada pihak berwajib .(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *