Polisi Gagalkan Peredaran Ganja 1,5  Kg

Puluhan bungkus barang bukti ganja yang berhasil diamankan pihak Polres Jayapura di Mapolres Jayapura, Senin (25/1) ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

Empat Pelaku Diringkus

SENTANI-Polres Jayapura menggagalkan peredaran narkotika golongan I atau ganja seberat lebih dari 1 Kg di wilayah Kota Sentani.

Kapolres Jayapura, AKBP Viktor Dean Mackbon mengatakan, ganja yang sudah dikemas dalam bungkusan berukuran sedang itu, digagalkan jajaran Polres Jayapura sebelum dipasarkan.

“Kami berhasil menggagalkan narkotika golongan I seberat 1,5 Kg,” kata Kapolres Jayapura, AKBP Viktor Dean Mackbon dalam keterangan persnya di Mapolres Jayapura, Senin (25/1).

Dia mengatakan, melalui Satnarkoba pihaknya tidak saja mengamankan barang bukti ganja seberat 1,5 Kg, tapi termasuk empat tersangka juga berhasil diringkus polisi.

Pihaknya juga menyebutkan, barang haram itu didapat dari wilayah Papua New Guinea (PNG).  Dari keterangan tersangka, mereka mendapatkan barang itu dengan cara dibeli dari PNG melalui daerah perbatasan.

Selanjutnya, barang tersebut dibawa ke Sentani melalui jalan darat dan untuk dipasarkan.”Selain pengedar, berdasarkan hasil pemeriksaan empat tersangka ini juga dinyatakan positif pemakai,” ungkapnya.

Adapun empat tersangka yang berhasil diamankan dalam kasus itu yakni FM, IK,RM dan JL. Empat orang tersangka itu diamankan pihaknya di Sentani tepatnya 4 Januari 2021 di Belakang Pasar Doyo Baru. Keempat tersangka ini diganjar dengan pasal 111 undang undang RI nomor 35 tahun 2009 junto pasal 55 ayat 1 KUHAP.

“Barang ini mau dibarter dengan HP, dari pengakuannya, mereka juga sudah pernah selundupkan 5 Kg. Makanya kami sedang dalami,” ujarnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *