Operasi Yustisi Prokes, Tekan Penyebaran Covid-19

Pelaksanaan sweeping yustisi Prokes yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 di Kota Jayapura. ( FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM, mengatakan bahwa  operasi yustisi protocol keehatan  yang dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 dengan berbagai unsur terkait lainnya, sangat membantu dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura.

   “Ya saya lihat adanya penegakan penerapan protokol kesehatan melalui sweeping, operasi yustisi protokol kesehatan sangat efektif sekali untuk memutus dan menekan penyebaran Covid-19 Kota Jayapura,”katanya, Senin (25/1)kemarin.

   Rusan Saru  mengakui imbauan dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang dilakukan pemerintah, masih sering diabaikan masyarakat maupun pelaku usaha. Karena itu, hal yang harus dilakukan pemerintah adalah tindakan tegas dan terukur, apalagi pemerintah Kota Jayapura sudah ada Perda terkait pencegahan penyebaran Covid-19, bagi mereka yang melanggar akan diberikan sanksi baik secara administrasi atau menjalankan kerja sosial.

  Untuk itu, Perda harus benar-benar dijalankan dengan baik supaya ada efek jera pada masyarakat dan pelaku usaha untuk mau menerapkan protokol kesehatan.

  Menurut Rustan Saru, masih ada masyarakat yang kepala batu dan malas tahu terhadap penerapan protokol kesehatan. Karena ini menyangkut keselamatan dan kesehatan bersama, jadi tindakan tegas dilakukan kepada masyarakat yang masih kepala batu dan malas tahu. Tindakan yang diberikan bisa berupa hukuman sanksi denda administrasi atau kerja sosial, karena tidak mungkin pemerintah lepas tangan terhadap kasus covid-19. Karena pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat salah satunya untuk melayani memberikan perhatian perlindungan seperti saat ini.

  Wawali juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat maupun pelaku usaha yang dengan sadar sendiri mau menerapkan protokol kesehatan dalam membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tanpa harus dipaksa oleh pemerintah atau aparat keamanan. (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *