28.080 Vaksin Covid-19 Tiba di Jayapura

VAKSIN COVID: Petugas saat menurunkan 28.080 ampul vaksin Covid-19 dari pesawat Garuda Indonesia di Bandara Sentani, Senin (25/1). ( FOTO: Bidang Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA- Sebanyak 28.080 ampul vaksin untuk program vaksinasi tahap pertama – termin kedua sudah tiba di Jayapura, Senin (25/1).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., vaksin yang baru tiba kemarin ini untuk melengkapi 14.680 vaksin termin pertama yang lebih dulu dikirim ke Papua.

“Sudah tiba sebanyak 28.080 vaksin, untuk melengkapi yang kemarin 14.680 vaksin (di tahap pertama – termin pertama),” jelas dr. Aaron Rumainum, via pesan suara, Senin (25/1) kemarin.

Menurut dr. Rumainum, dari 14.680 vaksin di tahap pertama – termin pertama, sudah didistribusikan ke tiga kabupaten/kota penerima vaksin pertama, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, dan Mimika. Sekarang tersisa 2.080 vaksin di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan.

“Dari 2.080 vaksin ini, akan didistribusikan 1.000 vaksin ke Keerom, besok (hari ini, red). Untuk sisa 1.080 dan 28.080 akan didistribusikan ke kabupaten yang tempat penampungan vaksinnya sudah siap. Jadi, ketika teman-teman di Dinkes kabupaten menyatakan bahwa tempat penampungan vaksinnya siap, maka kami langsung akan mengirimkannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, kedatangan vaksin Covid-19 tahap pertama termin kedua  di Provinsi Papua dikawal ketat olah anggota Polda Papua. Bahkan dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Papua, Kombespol Godhelp C Mansnembra didampingi Danden Gegana Satuan Brimob Kompol Komang, Wadanden Gegana Satuan Brimob, AKP. Khomarul Huda, Kabag Ops Satuan Brimob, AKP. Ferdinan Pipa.

“Pengamanan dan pengawalan kedatangan vaksin Covid-19, dijaga ketat aparat Kepolisian mulai dari kedatangan hingga sampai ke gudang penyimpanan vaksin di Rumah Sakit Umum Daerah Jayapura,” terang Kamal.

Berdasarkan laporan data yang diterima, vaksin Covid-19 tahap kedua total sebanyak 15 koli berisikan 28.080 ampul. Sebelumnya pada tahap pertama termin pertama sebanyak 14.680 ampul vaksin Sinovac sudah ada di Papua. “Polda Papua siap memberikan pengamanan dan pengawalan Covid-19, agar proses distribusi vaksin Covid-19 di Provinsi Papua berjalan dengan aman,” kata Kamal.

Diketahui, pada 15 Januari 2021 telah dilaksanakan vaksinasi pertama kepada para pimpinan daerah, TNI-Polri, Pemda dan tokoh agama serta tenaga medis. Ia mengimbau masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam vaksinasi Covid-19.

“Program vaksinasi Covid-19 yang menggunakan vaksin halal untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah semaksimal mungkin terjadinya penularan wabah Covid-19 di tengah masyarakat,” terangnya. (gr/fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *